Suka Makan Sushi, Cacing Pita 1,7 Meter Keluar dari Anus Pria Ini

Oleh Sulung Lahitani pada 21 Jan 2018, 20:00 WIB
Suka Makan Sushi, Cacing Pita 1,7 Meter Keluar dari Anus Pria Ini

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal California yang mengeluh karena diare berdarah, nyaris pingsan saat menemukan cacing pita sepanjang 1,7 meter keluar dari anusnya. Kisah pria itu dimuat dalam episode medis podcast bulan Januari, "This Will not Hurt a Bit."

Dr Kenny Banh mengisahkan bagaimana pria itu histeris saat mengetahui cacing pita sepanjang itu berada di tubuhnya. Menurut pasien yang tak disebutkan identitasnya itu, selain diare berdarah, ia juga mengeluhkan kram perut.

Kemudian saat ia buang air besar, ia menemukan sesuatu yang tak beres. Saat pria itu melihat ke bawah, ia melihat seperti ususnya menggantung keluar dari anusnya.

Sang pasien merasa ngeri membayangkan ususnya keluar, tapi sedikit lega saat ia menarik dan menyadari apa sebenarnya itu. Ternyata benda panjang itu merupakan cacing pita yang bahkan masih bergerak di tangannya.

Pria itu kemudian membawanya ke rumah sakit dan staf meletakkan cacing itu di atas kertas untuk diukur. Panjangnya tepat 1,7 meter.

Sang pasien tak ingat bagaimana bisa cacing pita sepanjang itu berada di tubuhnya. Tapi setelah ia mejelaskan apa yang ia konsumsi secara teratur, Dr Kenny pun mahfum.

"Ia makan salmon mentah hampir tiap hari."

 

2 of 2

Selanjutnya

Suka Makan Sushi, Cacing Pita 1,7 Meter Keluar dari Anus Pria Ini
Diduga cacing pita tersebut berasal dari sushi salmon yang ia makan hampir tiap hari.

Kemungkinan, cacing pita tersebut merupakan cacing pita salmon Jepang atau Diphyllobothrium nihonkaiense. Parasit ini pernah ditemukan pada Januari tahun lalu saat tim peneliti melaporkan penemuannya pada salmon liar di Alaska.

Dr. William Schaffner, profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Vanderbilt mengatakan bahwa cacing pita Jepang berasal dari keluarga cacing pita yang sama. Ia menghadirkan gejala ketidaknyamanan di perut, mual, tinja yang encer, dan penurunan berat badan.

Menurut CDC, cacing pita seperti itu bisa tumbuh hingga 9 meter panjangnya. Salah satu komplikasi paling beratnya adalah obstruksi usus.

Pasien Dr. Kenny hanyalah satu dari banyaknya kasus infeksi parasit dari salmon. Pada tahun 2016, seorang pria Kanada yang membeli salmon mentah dan mencoba membuat sushi sendiri, menderita sakit perut parah. Penyebabnya, cacing anisakis yang harus dikeluarkan lewat operasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓