Selain Disfungsi Otak, Ini Bahaya Pakai Gadget Sebelum Tidur

Oleh Yulia Lisnawati pada 16 Jan 2018, 19:20 WIB
5 Dampak Negatif Ini Akan Kamu Alami Jika Main HP Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Gadget kini jadi benda yang sulit dipisahkan dari manusia. Kebutuhan akan gawai mulai dari smartphone hingga perangkat komputer atau laptop memang berhubungan langsung dengan aktivitas kita sehari-hari.

Saking 'terikatnya', kita seringkali bisa menggunakan gadget bahkan sampai waktu tidur. Padahal, hal itu memiliki beberapa risiko berbahaya.

Layar yang merupakan salah satu komponen berbagai gadget entah itu komputer, laptop atau smartphone sekalipun, ternyata memiliki dampak yang berbahaya buat penggunanya jika digunakan secara terus-menerus alias nonstop.

Berikut ini bahayanya menggunakan gadget secara nonstop apalagi sampai saat sebelum tidur. 

Pengaruh Layar Gadget Pada Otak

Kamu pasti sudah sering mendengar kabar jika layar gadget berbahaya karena bisa menyebabkan radiasi yang berdampak buruk bagi tubuh manusia. Nyatanya, hal itu terbukti benar. Terlebih saat malam hari menjelang waktu tidur.

Radiasi yang ditimbulkan layar gadget menyebabkan interaksi ringan terhadap otak kamu. Hal itu bisa berdampak pada penurunan fungsi otak. Apalagi jika kamu secara reguler menggunakan gadget di malam hari sebelum tidur, maka fungsi otak kamu akan lebih cepat mengalami penurunan.

2 of 3

Efek samping berbahaya

Bahaya Smartphone
Anak-anak memiliki risiko lebih tinggi menggunakan gadget sebelum tidur ketimbang orang dewasa. (Sumber: Mirror)

Selain disfungsi otak, ternyata ada juga beberapa efek samping lain yang bisa terjadi pada tubuh kamu akibat penggunaan gadget sebelum tidur. Beberapa efek samping terjadi untuk jangka pendek sedangkan efek samping yang lebih berbahaya biasanya terjadi untuk jangka waktu yang panjang.

Efek jangka pendek antara lain, pola tidur yang enggak teratur dan secara enggak langsung membuat waktu istirahat otak berkurang. Jangka panjangnya, penurunan fungsi otak yang terjadi secara terus-menerus lama-lama akan menyebabkan bahan kimia otak ikut terkena dampak.

Hal itu bisa berujung pada hilang fokus, stres bahkan gangguan jiwa secara permanen. Risiko tersebut belum ditambah dengan dampak lain seperti gangguan penglihatan akibat radiasi layar gadget yang langsung menyerang mata.

3 of 3

Cara mengurangi risiko?

Ingin Tidur Pulas? Jangan Bawa Smartphone ke Tempat Tidur
telegraph.co.uk

Berbagai bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan gadget di malam hari alias sebelum tidur memang bisa dicegah atau setidaknya diminimalisasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Yang pertama tentunya adalah mengurangi penggunaan gadget secara berlebih. Matikan semua perangkat smartphone, komputer atau laptop kamu pada malam hari dan sudah tidak lagi digunakan. Kamu harus komitmen untuk menetapkan waktu istirahat dengan tepat.

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang juga menyediakan alat-alat yang mendukung kesehatan penggunanya. Jika memang kamu perlu banget menggunakan perangkat gadget di malam hari, entah untuk bekerja atau mengirim pesan penting, maka gunakanlah aksesoris yang bisa melindungi kamu semisal screen protector alias pelindung layar yang bisa menangkal radiasi sinar UV.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/tips/bahaya-gunakan-gadget-sebelum-tidur/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap