Bujet Terbatas? Ini 5 Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Cicilan

Oleh Yulia Lisnawati pada 07 Jan 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Jan 2018, 07:13 WIB
Bujet Terbatas? Ini 5 Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Cicilan

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang liburan ke luar negeri tidak bisa dicicil? Kamu bisa menggunakan kartu kredit kamu atau mengajukan kredit tanpa agunan. Dengan begitu impian kamu liburan ke luar negeri bisa terwujud meskipun dengan bermodalkan cicilan.

Cicilan bukan sesuatu hal yang tabu. Bahkan kini beberapa kalangan menengah ke atas saja kerap memanfaatkan cicilan 0%. Menarik bukan? Tidak semua cicilan memberatkan, apalagi jika kamu memang butuh liburan untuk meningkatkan kualitas hidup kamu dan sudah dalam kondisi jenuh tingkat tinggi dengan pekerjaan atau kesibukan sehari-hari.

1. Sesuaikan Cicilan dengan Kemampuan

Beberapa bank memang kini lebih selektif dalam memberikan pinjaman entah itu pinjaman dengan agunan, bahkan untuk pinjaman tanpa agunan. Akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki kartu kredit. Namun, pastikan dulu batas kredit yang kamu miliki.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu sudah bisa membeli tiket pesawat atau melakukan booking hotel dengan pembayaran cicilan. Tenor cicilan bervariasi mulai dari 3 bulan, 6 bulan sampai dengan 12 bulan.

Pastikan tenor yang dipilih sesuai dengan kemampuan. Idealnya cicilan itu 30 persen dari pendapatan atau penghasilan. Jadi, jangan sampai mengambil cicilan dengan tenor yang melebihi kemampuan ya!

Lebih baik lagi jika kamu membeli tiket jauh-jauh hari, misalnya 3 atau 6 bulan sebelum keberangkatan, dan ambil tenor cicilan sesuai waktu tersebut. Jadi kamu baru terbang saat cicilan sudah terbayar semua.

2 of 5

2. Ketahui Bunga Cicilan dan Denda Keterlambatan

[Bintang] Usia 20 Beli Rumah
Ilustrasi cicilan ringan | Via: kaskus.co.id

Bunga cicilan kartu kredit bervariasi tergantung bank yang dipilih atau bank yang menerbitkan kartu kredit. Rata-rata bunga kartu kredit mulai dari 0% sampai dengan 3%. Sedangkan promo cicilan dengan pinjaman ada yang memiiki bunga sampai dengan 5%.

Penting untuk bisa membandingkan bunga kartu kredit yang satu dengan yang lainnya, terlebih jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit.

3 of 5

3. Manfaatkan Promo Tiket Pesawat dan Hotel

Mau Kebagian Tiket Pesawat Promo? Pakai 4 Siasat Jitu Ini
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Promo tiket murah pesawat terbang maupun promo hotel murah tidak hanya bisa didapatkan melalui maskapai penerbangan atau hotel yang kamu pilih. Kamu juga bisa mendapatkan update promo terbaru dari Reservasi.com di halaman Promo.

Ada banyak promo yang ditawarkan oleh Reservasi mulai dari pemesanan tiket pesawat murah sampai dengan booking hotel murah lewat Reservasi dengan menggunakan kode promo sesuai dengan promo yang sedang berlangsung. 

4 of 5

4. Manfaatkan Poin dari Kartu Kredit

Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Beberapa pemegang kartu kredit memberikan program WorldMiles seperti yang ditawarkan oleh Kartu Kredit Standard Chartered. Dengan mengumpulkan poin penggunaan transaksi kartu kredit, kamu malah bisa terbang gratis dengan mengumpulkan poin Mileage dan Frequent Flyer. Menarik bukan?

Selain itu juga ada beberapa complementary khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu untuk bisa menunggu di lounge eksekutif sembari menikmati hidangan yang disajikan tanpa harus kelaparan saat penerbangan.

5 of 5

5. Pilih Negara Bebas Visa

2015, 5 Negara Ini Bebas Visa ke Indonesia
2015, pemerintah Indonesia bebaskan visa kunjungan untuk Australia, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Rusia.

Salah satu cara untuk menghemat bujet liburan ke luar negeri kamu bisa memilih beberapa negara yang tak memerlukan visa. Apalagi tahun 2018 nanti pemerintah Korea Selatan sedang memberikan program bebas visa ke Korea Selatan dalam penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018.

Selain itu juga kamu bisa mengecek beberapa tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi saat traveling ke luar negeri.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/5-tips-liburan-ke-luar-negeri-dengan-cicilan/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓