Bawa Catatan Saat Beraksi, Tulisan Tangan Pencuri Ini Tuai Pujian

Oleh Nur Aida Tifani pada 05 Jan 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 05 Jan 2018, 10:00 WIB
Bawa Catatan Saat Beraksi, Tulisan Tangan Pencuri Ini Banjir Pujian

Liputan6.com, Tiongkok - Bentuk pencurian apa pun pasti akan selalu membuat kesal banyak orang. Selain merugikan orang lain, tindakan pencurian dianggap sebagai perilaku kriminal karena mengambil barang orang lain yang bukan haknya.

Meski begitu, seorang pencuri pada akhir Desember lalu menarik perhatian warga Tiongkok. Bukan karena tindakan pencuriannya, melainkan tulisan tangan yang dibuat pria berumur 20 tahun itu.

Pria yang belum diketahui identitasnya itu membuat warga kagum karena tulisan di catatannya. Setelah ditangkap Kepolisian Chengdu, Provinsi Sichuan, barat Tiongkok, pencuri itu masih menyempatkan diri untuk membawa buku catatannya.

 

 

2 dari 3 halaman

Tulisan pengingat dan rincian dari aksi pencuriannya

Bawa Catatan Saat Beraksi, Tulisan Tangan Pencuri Ini Banjir Pujian
Gambar peta jalur pelarian dalam buku catatan pencuri muda di Tiongkok. Source: Nextshark

Dalam buku itu diketahui bahwa si pencuri menulis banyak informasi. Mulai dari peta, rute pelarian, kantor polisi, sampai dengan tindakan kejahatan yang akan ia rencanakan.

Selain itu, ia juga menuliskan pengingat rinci tentang bagaimana ia sukses melakukan aksi pencurian sebelumnya dan memberikan motivasi atas setiap tindakannya.

Tulisannya yang rapi dan terstruktur itu berisi sejumlah tulisan pengingat seperti:

"Ingatlah - aku hanya mengambil uang tunai, bejana emas, alkohol, serta rokok. Bedakan dengan jelas rokok dan alkohol palsu, cari kartu pengenal," tulis pria itu dalam catatanya.

Tak hanya pengingat, ia juga memberikan tips kepada dirinya sendiri supaya sukses kabur setelah melakukan aksi pencurian.

"Ambil jalan keluar yang berbeda bedasarkan dari nilai barang. Perlu diingat untuk berlari terlebih dulu, jika barang yang dicuri adalah barang yang nilainya tinggi," tulisnya.

"Kabur dengan cepat, bersembunyi, berlindung serta lari sejauh mungkin," tips yang ia tulis dalam catatan agar pria itu berhasil melarikan diri saat mencuri.

Ia juga kerap menuliskan motivasi dirinya agar tidak lamban saat melakukan aksi pencurian. "Sesuaikan diri, ambil jalan keluar yang mudah," tulis pencuri itu.

3 dari 3 halaman

Respons Warganet

Pencuri di Tiongkok Tuai Pujian Karena Tulisan Tangannya
Pencuri muda ditangkap oleh polisi. Source: Nextshark

Sayangnya, tulisan dan motivasi dalam catatannya tak cukup membantunya agar bisa terhindar dari polisi. Alih-alih mendapat hukuman sosial dari warga, catatan pria itu malah menarik perhatian publik di jejaring sosial.

Beberapa di antaranya memberikan reaksi menyindir sampai dengan menyayangkan bakat tulisan yang bagus dari si pencuri. Berikut beberapa respons warganet.

"Pencuri paling menginspirasi dalam sejarah." 

"Pencuri itu pasti bekerja sangat keras untuk merangkum pekerjaannya."

"Tulisan tanganku kalah jauh dengan miliknya."

"Sangat berbakat, namun amat disayangkan karena dia mengambil jalan yang salah."

"Kemampuan semacam ini seharusnya digunakan untuk hal yang baik daripada untuk mencuri."

Sampai saat ini belum ada detail laporan yang lengkap mengenai hukuman yang diberikan kepada si pencuri. Namun, banyak komentar warganet sangat menyayangkan kemampuan bakat tulisan tangan dari pencuri muda itu.

Nah, bagaimana menurut kamu?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓