Sukses

5 Kasus Orangtua Termuda di Dunia dalam Sejarah, Mulai Umur 5

Kecil-kecil jadi ibu, berikut ini merupakan sejumlah kasus orangtua termuda di dunia yang mengejutkan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mempunyai seorang anak, orangtua pastinya butuh banyak pertimbangan dan persiapan. Mulai dari kesiapan fisik dan mental serta kematangan usia.

Tapi ternyata ada beberapa kasus di mana anak-anak sudah punya anak. Kasus ini adalah juga cerminan kekerasan pada anak-anak yang dilecehkan secara seksual pada usia yang sangat muda.

Selain kedewasaan diri, diperlukan juga untuk tanggung jawab mengurus anak. Lalu usia juga dipertimbangkan karena mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang.

Walaupun mengejutkan, sebenarnya banyak kasus-kasus terjadi di mana anak 15 tahun ke bawah telah melahirkan bayi. Oleh karena itu, berikut ini merupakan rangkuman singkat dari sejumlah kasus orang tua termuda di dunia, dilansir dari Met Daan, Rabu (3/1/2018).

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ibu Termuda di Dunia

Saat usianya lima tahun gadis cilik itu sempat tercatat dalam Guinness World record sebagai ibu termuda di dunia. Gadis asal Peru itu melahirkan seorang putra yang ia namakan dengan Gerardo pada Mei 1939. Bayangkan, menjadi ibu dalam usia lima tahun.

Awalnya, orangtuanya menganggap Medina memiliki tumor pada perutnya. Ternyata saat dibawa ke rumah sakit, gadis itu diketahui mengandung seorang bayi berusia tujuh bulan.

Jika, dijelaskan dengan pendekatan ilmiah, Medina dianggap mengalami kematangan organ seksual pada usia yang sangat muda sehingga ia mengalami pubertas sebelum waktunya. Ayah Medina yang identitasnya tak pernah diungkap dikabarkan pernah ditahan dengan tuduhan kekerasan seksual. Namun karena tak cukup bukti, ayah Medina akhirnya dibebaskan.

3 dari 6 halaman

2. Yelizaveta 'Liza' Gyachchenko

Gadis kecil asal Kharkov, Ukraina itu hanya baru berusia enam tahun saat melakukan persalinan pada Agustus 1934. Karena gadis itu belum punya kekuatan fisik yang memadai untuk melahirkan, akhirnya sang bayi tak selamat. Ternyata kandungan bayi dalam rahim bocah itu berasal dari perbuatan bejat kakek Liza yang berusia 70 tahun.

4 dari 6 halaman

3. Griseldina Acuna

Gadis asal Kolombia, baru berusia delapan tahun saat ia melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat. Acuna dikabarkan mengalami hal yang sama seperti Lina Medina yang memiliki kematangan organ seksual pada usia yang sangat muda. Dia dikabarkan sudah mengalami menstruasi pada usia tiga tahun. Pria yang telah menghamilinya adalah seorang anak-laki-laki dari teman saudara Acuna.

5 dari 6 halaman

4. Emma Webster dan Sean Stewart

Sean Stewart (11) dan pacarnya Emma Webster (15) asal Inggris awalnya hanya merupakan teman dekat karena rumah mereka berdekatan. Setelah kenal dekat mereka akhirnya memutuskan jadian. Jika pada tiga kasus sebelumnya terjadi kekerasan, kali ini hubungan mereka suka sama suka. 

Karena keduanya telah melakukan hubungan seksual, hal ini membuat Emma mengandung seorang bayi. Emma melahirkan seorang bayi laki-laki yang mereka beri nama Ben pada Januari 1998. Sean tercatat menjadi ayah termuda. Kasus Emma dan Sean dikabarkan juga dianggap menggemparkan seluruh wilayah Inggris.

6 dari 6 halaman

5. Alleshia Gregson

Allesia melahirkan anak pertamanya pada usia 13 tahun. kemudian di tahun selanjutnya, Ia melahirkan putra pada usianya ke 14 tahun. Gadis asal Inggris tersebut memiliki masa kecil yang kelam karena sering kali menadapat kekerasan. Namun semua itu berubah ketikaia menemukan kekasih yang tepat yang mendukungnya.

Allesia akhirnya dikeluarkan dari sekolah dan berpisah dengan pacarnya untuk melanjutkan sekolah. Saat ini ia juga tengan membantu para ibu-ibu muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.