Sukses

Setop Angkat Smartphone Saat Cari Sinyal, Ini Alasannya

Ternyata mengangkat smartphone kamu ke udara untuk mencari sinyal percuma dilakukan. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sadar enggak sih, walaupun sudah dilabeli smartphone alias ponsel pintar tetap saja ada beberapa masalah yang bisa menimpa perangkat kamu. Salah satunya saat sinyal menghilang dan membuatmu kesulitan untuk berkomunikasi.

Tak jarang kamu mengangkat smartphone-mu ke udara dengan harapan mendapatkan sinyal kembali. Namun, ternyata hal ini percuma untuk dilakukan. Berikut alasan kenapa jangan mengangkat smartphone kamu saat mencari sinyal.

Kamu sadar enggak, saat berada di tengah perkotaan yang padat, berada di dalam ruangan ataupun saat menonton konser yang ramai tiba-tiba smartphone kamu menjadi kehilangan sinyal. Ternyata peristiwa ini memiliki alasan yang cukup logis di baliknya.

Dilansir dari The Verge, sebenarnya sinyal telekomunikasi terdapat di sekitar lingkungan kita secara masif. Faktor yang membuatnya lemah atau hilang antara lain dipengaruhi oleh provider atau sinyal terhalang oleh gedung dan sebagainya.

Lalu, apakah dengan mengangkat smartphone tinggi-tinggi ke udara dapat membantu menerima sinyal lebih baik? Ternyata tidak! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenapa Tak Perlu Dilakukan

Menurut Lin Zhong dari Rice University, kebiasaan mengangkat smartphone ke udara ini malah tidak membantu. Sebab, sudah diketahui bahwa sinyal telekomunikasi sudah berada secara masif di sekeliling kamu.

Nah, baiknya apa yang mesti dilakukan? Dia pun meneruskan, jika kamu berada di sekitar gedung tinggi ataupun berada di dalam ruangan, lebih baik berjalan beberapa langkah atau mencari tempat terbuka untuk memperkuat sinyal smartphone. Cukup mudah, kan?

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/tips/jangan-angkat-smartphone-saat-cari-sinyal/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.