Sukses

Sembuhkan Luka hingga Gigitan Serangga, Ini 10 Manfaat Ajaib Gula

Gula tak selamanya berbahaya. Faktanya, gula dapat dimanfaatkan untuk 10 hal berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mana yang diketahui, mengonsumsi gula secara berlebihan tidaklah sehat. Namun demikian, gula juga dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa kegunaan gula yang mungkin tak Anda ketahui sebelumnya.

1. Untuk sengatan serangga

Apabila Anda digigit oleh tawon atau lebah, oleskan gula yang telah dicairkan ke daerah yang terkena sengatan. Ini akan membantu untuk menarik racun dan mencegah pembengkakan.

2. Memperpanjang umur bunga

Gula juga bisa membantu menjaga bunga tetap segar. Caranya, tambahkan 3 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan cuka ke air di mana mereka disimpan. Gula bagus untuk batang bunga dan cuka akan mencegah pertumbuhan bakteri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Menghilangkan noda

Gula juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas noda. Cukup taburi noda di baju dengan gula dan biarkan selama 40-60 menit, hasilnya akan membuat terkejut.

4. Membersihkan tangan

Jika Anda selesai mengotori tangan dengan oli mesin dan sabun tak cukup membersihkannya, coba campurkan gula dengan minyak apapun lalu cuci tangan dengan kombinasi ini.

 

3 dari 5 halaman

5. Melembutkan telapak kaki

Campuran gula dan minyak pepermint manjur untuk membuat scrup pengelupasan di kaki Anda. Gula menghilangkan sel kulit mati, sedangkan minyak pepermint melembabkan dan melembutkan tumit Anda.

6. Memperpanjang usia kue

Agar kue seperti biskuit dan cookies lebih tahan lama, masukkan beberapa gula kubus ke tempat penyimpanannya.

 

4 dari 5 halaman

7. Scrub badan

Ini mungkin salah satu scrub sederhana yang bisa Anda siapkan di rumah dengan mudah. Ini membersihkan kulit Anda dengan baik karena partikel gula yang padat akhirnya meleleh dalam cairan.

Cara membuatnya, campurkan 3 sendok makan minyak sayur atau minyak zaitun dengan 4 sendok makan gula pasir. Kemudian, oleskan scrub tersebut ke tubuh Anda dengan gerakan melingkar yang lembut, lalu cuci dengan air hangat.

8. Scrub wajah

Siapkan campuran 1 sdm gula pasir, 1 sdm tepung beras, dan 1 sdm susu. Oleskan ke wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya, pijat perlahan dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Biarkan sampai kering, lalu bersihkan dengan air dingin. Masker ini akan membuat kulit Anda lebih bersih dan halus.

 

5 dari 5 halaman

9. Scrub bibir

Celupkan jari Anda ke dalam air lalu ke gula pasir. Pijat lembut bibir Anda dengan gerakan melingkar. Cara ini menjadi penyelamat bila Anda memiliki bibir kering atau terkelupas. Gula di sini berfungsi sebagai scrub yang menghaluskan.

10. Untuk menyembuhkan luka

Penelitian menunjukkan bahwa gula pasir yang disiram pada luka dapat memudahkan penyembuhan saat antibiotik dan metode pengobatan lainnya tak membantu.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.