Sukses

Behind The Screen: Pekerjaan Lain Presenter News

Ternyata pekerjaan presenter news tidak hanya siaran. Melalui Behind The Screen kali ini, yuk lihat pekerjaan lain dari presenter news.

Liputan6.com, Jakarta Pagi ini kita akan mengikuti presenter Liputan6 SCTV, Djati Darma, memulai pekerjaannya menyiapkan informasi untuk para pemirsa. Presenter berita ternyata multitalenta. Tak hanya jago membawakan acara dan siaran berita dengan baik, presenter juga piawai menangani pekerjaan lainnya.

Selain sebagai seorang presenter, Djati juga merangkap tugas sebagai produser untuk program berita Liputan6 Siang SCTV. Sebagai seorang produser, hari Djati diawali dengan mengecek dan mengisi rundown yang masih kosong dengan berita-berita yang terjadi pada hari ini.

Melalui Behind The Screen kali ini bersama Djati Darma, yuk kita lihat pekerjaan lain yang bisa presenter lakukan dalam siaran berita.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ritme kerja seorang produser

Rundown yang kosong nantinya diisi dengan ragam berita yang terjadi pada hari itu, mulai dari bencana alam sampai dengan kasus kriminal, semuanya dikumpulkan dari tim gathering. Bersama dengan tim gathering, Djati melakukan kolaborasi menyusun berita untuk ditayangkan di siaran berita Liputan6 siang.

Selain menyusun rundown, pekerjaan seorang produser juga menulis naskah. Hasil naskah yang dikumpulkan oleh kontributor dan reporter di lapangan nantinya akan dikumpulkan dan dipilih, mana berita yang paling penting dan menarik untuk diketahui pembaca.

Untuk menjadi naskah yang matang dan siap digunakan, sebelumnya harus diedit terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya kalimatnya menjadi lebih baik dan enak didengar oleh para pemirsa.

Kemudian naskah nantinya akan diberikan kepada editor, untuk diisi dengan suara. Hal ini biasa disebut dengan dubbing. Setelah itu, Djati nantinya akan melakukan komunikasi kembali dengan editor agar naskah yang telah diisi suara, bisa sesuai dengan gambar yang akan ditayangkan dalam siaran.

3 dari 3 halaman

Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan tim editor

Kerjaan sebagai produser akan lebih sering bolak-balik ke meja editor. Mereka saling melakukan koordinasi dan komunikasi dalam menyusun naskah dan visual tayangan untuk siaran berita. Meskipun menguras energi, kerjaan sebagai produser juga harus menemukan kalimat-kalimat yang sebisa mungkin menarik untuk didengar pemirsa.

Produser juga tak menghasilkan satu dua naskah berita saja. Namun, ada banyak naskah yang perlu diisi sehingga waktu mereka juga selalu padat sehari-harinya. Setelah menulis naskah dan melakukan komunikasi dengan editor, Djati juga kembali menjadi presenter untuk melakukan siaran.

Itu dia pekerjaan lainnya dari seorang presenter. Ternyata kerjaan mereka tak selalu berpusat pada siaran saja. 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.