Sukses

Tertua di Indonesia, Indahnya Kebun Teh Kayu Aro, Kerinci

Kebun teh ini merupakan yang tertua di Indonesia dan tertinggi kedua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta “Cinta Di atas Bukit” atau “Dataran Tinggi Tumbuhnya Asmara” atau bahkan “Kasih Sayang di Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi.” Kamu pernah denger beberapa judul di atas? Itu lo, judul-judul sinetron pendek atau FTV yang cuma sekali doang munculnya.

Biasanya di mana sih latar tempat dari film-film TV itu? Kalau kamu cermati lagi, pasti kebanyakan diadakan di sekitar bukit atau sebuah pegunungan, di mana terhampar kebun teh yang sangat luas.

Memang pesona alam di Indonesia tidak pernah ada habisnya. Coba saja lihat dari FTV tersebut. Sudah berapa banyak film TV yang diproduksi? Dan pasti kebanyakan mengambil latar tempat di desa-desa dengan pemandangan yang begitu indah.

Kalau nyebutin ada di mana aja sih kebun teh di Indonesia, kamu bisa enggak? Kebanyakan bisa sih, tapi pasti yang ada di daerahnya saja. Karena memang, perkebunan teh, biasanya hanya jadi tempat wisata alternatif.

Tetapi, sekali kamu berkunjung ke perkebunan teh, pasti kamu bakal balik lagi. Salah satunya ada di Jambi. Kalau kamu berkunjung ke Jambi, Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi ini jadi keharusan untuk dikunjungi.

Perkebunan teh ini layaknya semua perkebunan teh yang ada di Indonesia yang bersemayam di sebuah kaki gunung. Hampir semua perkebunan teh yang ada di Indonesia pasti ada di kaki salah satu gunung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak jauh dari Sungai Penuh

Nah, kalo yang satu ini ada di Kaki Gunung Kerinci. Iya, sih. Gunung Kerinci memang enggak tinggi-tinggi amat. Tapi cukuplah ya buat sebuah perkebunan teh diproduksi. Sebagaimana Perkebunan Teh Kayu Aro ini cukup jauh dari pusat Kota Jambi. Jaraknya sekitar 434 Km. perjalanannya bisa sampai 9 jam.

Memang bisa dibilang sangat lama dan jauh, sih, tapi kalau sudah sampai sana baru tahu indahnya Perkebunan Teh Kayu Aro. Di sana kamu bakal menemui banyak homestay dan hotel yang bisa kamu sewa. Tepatnya di daerah kota sungai penuh yang jaraknya cuma 32 km. Enggak jauh-jauh amat-lah dari perkebunan teh.

3 dari 3 halaman

Perkebunan Teh Tertua di Indonesia

Fakta lainnya, kamu bakal segera tahu kalau Perkebunan Teh Kayu Aro ini adalah perkebunan teh yang paling tua di Indonesia. Semenjak pemerintahan kolonial Belanda, perkebunan teh ini sudah ada di sana.

Tepatnya pada tahun 1925 yang pada akhirnya diambil alih oleh PT Perkebunan Nusantara VI pada tahun 1956. Selain itu, Perkebunan Teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertinggi kedua yang ada di dunia. Hanya di bawah dari perkebunan teh Darjeeling di Himalaya.

Selengkapnya, baca langsung di: https://www.piknikdong.com/inilah-perkebunan-teh-kayu-aro-jambi-yang-sangat-mempesona.html

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.