Sukses

Behind The Screen: Mengenal Prompter, Senjata Rahasia Presenter

Video behind the screen Liputan6 SCTV, kenalkan prompter sebagai alat yang membantu presenter saat melakukan siaran di studio.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang presenter tidaklah segampang yang kita pikirkan. Pembawaan mereka yang lancar saat membaca berita, membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana mereka bisa membaca berita dengan lancar sambil tampil di depan televisi.

Tentunya presenter butuh banyak latihan, kemampuan bicara dengan baik, serta rasa percaya diri. Namun di balik itu, ada alat yang membantu para presenter lancar membaca berita saat siaran di studio. Alat bantu tersebut dikenal dengan nama prompter.

Melalui video Behind The Screen bersama dengan Presenter Liputan6 SCTV, Beverly Gunawan, yuk kita pelajari lebih detil tentang prompter.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak seratus persen ikuti teks pada prompter

Sebelum melakukan siaran, presenter biasanya menyiapkan diri dengan membaca rundown atau membahas materi apa yang nantinya akan dibawakan. Ketika siaran berlangsung, prompter digunakan untuk memberikan kemudahan kepada presenter dalam membawakan dan membacakan materi berita.

Menurut Beverly, apapun materi yang akan dibawakan dalam berita nantinya akan muncul atau tampil lewat prompter. Prompter juga dilengkapi dengan remote control untuk menggerakan teks yang tampil dalam layar.

Akan tetapi, presenter tak sepenuhnya selalu mengandalkan prompter. Mereka juga terbiasa untuk melakukan improvisasi saat membawakan materi berita. Jadi, tak harus mengikuti sampai 100 persen teks yang ada muncul pada prompter.

3 dari 3 halaman

Presenter juga perlu mendalami materi berita

Selain itu, ada hal terpenting yang harus dilakukan presenter sebelum melakukan siaran. Presenter perlu menguasai dan mendalami materi berita yang nantinya akan dibawakan dalam siaran. Walaupun ada alat prompter, tak ada jaminan bahwa prompter akan selalu hidup.

Sewaktu-waktu prompter mati di tengah siaran, presenter dituntut untuk tidak boleh terlihat canggung di depan kamera. Itulah sebabnya menguasai dan mendalami materi berita sangat penting untuk dilakukan oleh presenter.

"Intinya, saat siaran kita harus tetap mengerti materi yang akan kita bawakan. Prompter hanya sebuah alat bantu," ujar Beverly.

Jadi, presenter ternyata tak sendirian membaca berita saat siaran, ada prompter yang membantu mereka.  Kini kalian sudah tahu kan, apa saja faktor dan persiapan yang dilakukan oleh presenter sebelum siaran.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.