Ingin Punya Mental Sehat? Sering-Sering Lihat Laut Berwarna Biru

Oleh Nur Aida Tifani pada 14 Des 2017, 08:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2017, 08:00 WIB
Warna Biru pada Laut, Ternyata Mampu Berikan Kesehatan Pada Tubuh
Perbesar
Warna biru pada laut ternyata baik untuk kesehatan. Credits: CNN

Liputan6.com, Jakarta Setiap kali kita melihat laut, pandangan kita selalu terarah pada biru air, gelombang ombak yang pecah, serta pasir yang melembut.

Jika kamu kerap memilih laut sebagai tempat destinasi wisata untuk berlibur dan menghilangkan stres. Bisa jadi pilihanmu tepat.

Pemandangan di laut ternyata tak hanya baik untuk mata kita saja, melainkan juga tubuh dan pikiran. Penelitian pernah mengungkapkan bahwa dengan melihat pemandangan pantai atau laut, hal ini dapat mendorong pikiran kita semakin kreatif dan menurunkan rasa cemas.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Pikiran biru

Warna Biru pada Laut, Ternyata Mampu Berikan Kesehatan Pada Tubuh
Perbesar
Source: experiencelife.com

Pikiran biru dapat didefinisikan sebagai cara meditasi saat dalam kondisi tenang, damai, dan ada perasaan bahagia terhadap momen hidup kita saat ini.

Menurut Ahli Biologi Kelautan, Wallace J. Nichols, setiap orang memiliki pikiran yang biru. Pemikiran semacam ini dapat terhubung dengan perasaan senang atau bahagia.

Perasaan itu kerap kita dapatkan ketika kita sedang bersantai di laut, misalnya saat berselancar, mendengarkan ombak yang pecah, sampai dengan mengapung di kolam berenang.

"Alam merupakan penyembuh. Mereka bisa menyembuhkan apa yang salah dalam tubuh kita. Mereka bisa mengurangi rasa stress dan membuat kita semakin kreatif," ujar Nichols, melansir Hack Spirit, Rabu (13/12/2017).

3 dari 3 halaman

Untuk kesehatan tubuh

Warna Biru pada Laut, Ternyata Mampu Berikan Kesehatan Pada Tubuh
Perbesar
Source: baltimoreaddictionrehab.com

Untuk mendukung pendapat ini, para tim peneliti Universitas Exeter mengungkapkan bahwa orang-orang yang tinggal di dekat pesisir pantai Inggris ternyata hidup lebih sehat dan bahagia.

Bahkan, dengan hanya melihat laut hal ini juga dapat menorong kesehatan mental kita. Bedasarkan laporan penelitian Canterbury University, Otago University, dan Michigan State University mengenai korelasi kesehatan mental dengan ruangan hijau dan biru.

Mereka menyebutkan warna biru seperti pada laut justru punya kontribusi besar terhadap kehidupan kita. Warna biru diindikasikan sebagai warna yang dapat menurunkan tingkat stres seseorang dan kesehatan kita.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait