Sukses

Kakek Tua Diusir Anak Sendiri: Saya Tetap Sayang

Kakek tua ini diusir dari rumah oleh anaknya sendiri sehingga harus tidur di got, dengan alas kardus dan berlumur kotorannya sendiri,

Liputan6.com, Jakarta Meskipun diusir dari rumah oleh anaknya sendiri sehingga harus tidur di got, Udjan Susanto (74 tahun) tetap mengaku sayang pada anak-anaknya. “Bangga banget! Masih ada ortu kayak gini masih bisa bilang sayang sama anaknya dan bilang ya udah,” kata pengguna Instagram @swennylie di Instagramnya.

Udjan pertama kali ditemukan terbaring di atas got dengan kondisi menyedihkan oleh beberapa orang. Kakek tua itu berbaring dengan alas kardus, kelaparan dan bajunya berlumur kotorannya sendiri.

Orang-orang yang iba kemudian memberi makan dan melaporkan kondisi lansia itu ke Kelurahan dan Dinas Sosial.Warga pun mencari keluarga lelaki yang dipanggil dengan sebutan Opa itu. Namun, anaknya tidak mau mengakui bahwa orang tua itu adalah ayahnya. "Dia punya tiga anak, tiga-tiganya menolak ayahnya sendiri," kata Wenny. Dia dan beberapa warga lainnya menunggui dan mengawal proses penyelamatan si kakek dari pagi hingga sore.

Wenny memposting proses penyelamatan di Instagramnya dan menjadi viral, dengan satu video dilihat 65 ribu kali dalam 5 jam.Apa yang sebenarnya terjadi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menceritakan pengusirannya dari rumah

Wawancara pengguna Instagram @swennylie yang ditayangkan di Instastories, 8 Desember 2017.

Sayang nggak sama mereka (tiga anaknya)?

Sayang.. tapi anaknya udah kelewatan, ya sudah.

Boleh cerita?

Dia sudah nggak ingat orang tua. Orang tua nggak makan juga gak mau tau.

Bisa keluar rumah gimana?

Ya, diusir disuruh keluar.

Itu rumah Opa?

Iya.. Diusir, ya, Nano, anak kandung.

Sekarang mau ngomong apa sama mereka?

Sekarang sudah bukan anak lagi. Papanya lapar, nggak makan, minta nasi dia bilang nggak ada. Kalau memang anak bener, kasih duit saja, 10 ribu juga buat makan cukup.

Mereka tahu (kondisi setelah diusir)?

Tahu. Ya cuek aja, mereka lewat ya lewat saja.

Berkat laporan warga, Dinas Sosial pun bergerak dan mengirimkan ambulans untuk membawa Udjan ke rumah sakit.

Kini Udjan Susanto dirawat di RS Tarakan Lantai 7, Ruang Dahlia 5730. "Yang mau besuk lihat Opa datang saja, kasih dia seadanya saja untuk dimakan, diminum dan pakaian secukupnya saja," kata Wenny. Jam besuk mulai jam 17.00. 

Warganet memuji tindakan Wenny yang sangat peduli sehingga Udjan Susanto bisa dirawat di rumah sakit.

"Terharu.. semoga mbaknya selalu dimurahkan rezekinya atas kebaikannya. Semoga anak-anak bapak ini juga dibukakan hati nuraninya," kata pengguna Instagram @astrid_asriani27.

"Luar biasa kamu masih muda tapi masih peduli sama orangtua yang bukan keluarga kamu. Apapun kesalahan si opa waktu masih muda terhadap anaknya, tetap tidak boleh durhaka sepert itu menelantarkan ortu kandung sendiri," kata pengguna Instagram @krisgunawan_78.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.