Sukses

Punya 4 Macam Tanda Putih Ini di Kuku, Kamu Harus Waspada

Tanda putih pada kuku ternyata jangan selalu diabaikan. Bisa jadi tanda tersebut merupakan isyarat pada kondisi tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Kadangkala tanda pada kuku kerap kita abaikan. Padahal tanda pada kuku kita, ternyata juga bisa menjadi isyarat pada kondisi tubuh. Bahkan, tanda pada kuku bisa menunjukan masalah serius pada kesehatan kita.

Biasanya tanda yang sering muncul pada kuku seperti pucat dan terdapat bintik putih. Fenomena tanda putih pada kuku kita dinamakan dengan leukonychia.

Melansir Science Insider, Jumat (8/11/2017), ada empat tipe umum dari tanda kuku leukonychia. Beberapa di antaranya punya bentuk dan penyebab timbul yang berbeda pula.

1. Leukonychia punctata

Bintik putih di kuku. Foto: Cosmopolitan

Tipe tanda putih kuku yang paling umum terjadi. Tanda putih ini bisa muncul karena terdapat luka pada bagian dasar kuku. Selama delapan bulan tanda ini nantinya akan hilang sendiri.

2. Leukonychia striata

Tipe leukonychia striata. Source: Webmd

Pada tipe ini dapat ditemukan lebih dari satu garis atau guratan putih pada kuku. Hal ini dapat terjadi ketika terdapat luka berat di bagian matrix kuku. Tipe ini juga bisa disebabkan karena terlalu sering melakukan manicure.

Walaupun bisa disebabkan karena manicure, namun tanda putih itu tak boleh diabakan. Tanda putih kuku leukonychia striata juga bisa timbul dari penyakit campak, malaria, herpes dan kusta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Longitudanal leukonychia

Dalam tipe ini terdapat garis putih horizontal pada kuku kita. Hal ini dianggap sebagai kondisi yang langka. Namun, bisa juga muncul pada orang yang memiliki penyakit kulit darier.

4. Leukonychia totalis

Tipe Leukonychia totalis. Source: dermatologyoasis.net

Kondisi kuku kita mengalami warna putih total. Penyebab utama bisa karena antibiotik atau bawaan genetik. Hal ini juga bisa menandakan adanya gangguan protein dalam tubuh serta gagal liver dan gagal ginjal.

Namun, tak selalu tanda putih dikaitkan penyakit serius. Alasan lain yang bisa menyebabkan timbulnya tanda putih pada kuku, bisa juga terjadi karena alergi, kekurangan mineral dan protein, serta adanya infeksi jamur.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.