Sukses

Super Cantik, Pesona Hutan Hallerbos Bagai di Negeri Dongeng

Hallerbos merupakan hutan di Belgia yang sangat indah bak negeri dongeng. Penasaran bagaimana pemandangannya?

Liputan6.com, Belgia - Selain menjadi paru-paru Bumi, hutan juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam flora dan fauna. Setiap hutan memiliki keunikan masing-masing, misalnya ditumbuhi dan dihinggapi hewan yang beragam.

Ada juga karakteristik hutan yang bisa memanjakan mata. Seperti hutan satu ini yang ditumbuhi tanaman layaknya hutan di negeri dongeng.

Hallerbos merupakan hutan di Belgia yang sangat indah bak negeri dongeng pada pertengahan April dan sepanjang Mei. Pada bulan-bulan itu, hutan tersebut berubah menjadi "Hutan Biru".

Bayangkan saja, di hutan ini terdapat jutaan bunga Bluebell mekar menutupi tanah sejauh mata memandang. Hutan Bluebell memang banyak di Eropa, tapi yang membuat Hallerbos unik adalah kerapatan bunga yang membuat dataran terlihat seperti karpet berwarna biru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Harus Mengikuti Aturan

Taman alam seluas 569 hektare itu berada di Kota Halle, Belgia. Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan ini pada pertengahan April, tapi waktu berbunga juga dipengaruhi oleh cuaca. Misalnya, jika akhir Maret sangat hangat, maka bluebells bisa muncul pada awal April.

Untungnya, situs resmi Hallerbos Forest mengunggah pemberitahuan jika bluebells akan mekar. Adanya pemberitahuan itu membuat kita bisa mengunjungi tempat yang indah ini pada waktu yang tepat. Satu hal yang harus diingat saat mengunjungi Hallerbros adalah beristirahat di jalur jalan yang sudah ditandai dengan jelas.

Bluebell sangat rapuh sehingga menginjaknya dapat menyebabkan kerusakan parah. Agar hutan ini terlihat bersih, kita dilarang untuk melewati batas jalur yang sudah ada, bahkan saat mengambil foto kita harus berada di dalam jalur.

Sayangnya, tidak semua orang mematuhi peraturan sederhana ini. Tahun ini, pemerintah yang bertanggung jawab atas hutan Hallerbos mengumumkan bahwa wisatawan telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

"Sekarang ada banyak ruang kosong yang disebabkan bunga teriinjak-injak. Begitu banyak keindahan yang telah hancur di hutan ini. Jangan menghancurkan alam," tulis mereka.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.