Operasi Plastik Jadi Simbol Kebanggaan Para Tentara, Mengapa?

Oleh Nur Aida Tifani pada 27 Nov 2017, 20:00 WIB
Foto Sebelum dan Sesudah Tentara Melakukan Operasi Plastik

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti menganggap operasi plastik selalu bertujuan penampilan fisik wajah kita menjadi lebih bagus. Ternyata operasi plastik tidak melulu bicara soal tentang kecantikan.

Bagi para tentara di garis depan saat perang, pulang dengan konstruksi wajah yang rusak merupakan anugerah yang bisa mereka syukuri karena masih bisa kembali dengan keadaan hidup.

Oleh karena itulah, operasi plastik kerap digunakan bagi para tentara untuk memperbaiki wajah mereka yang mengalami kerusakan ketika terluka di medan perang.

Foto-foto ini diambil dari sebuah buku yang berjudul Face from the Front yang ditulis oleh Adrew Bamji. Beberapa foto dalam buku menunjukkan luka parah dan mengerikan yang dialami oleh banyak tentara pada wajah mereka.

Kasus-kasus yang dialami oleh para tentara seperti kehilangan hidung, kehilangan sebagian area wajah mereka, kehilangan bola mata, sampai dengan rusaknya tulang rahang.

Operasi plastik yang dilakukan kepada para tentara ini merupakan hasil kerja dari Harold Gillies, ahli bedah muda asal The Queen Hospital.

Walaupun jauh dari kata kesempurnaan pada wajah mereka, jasa Gillies sebagai dokter bedah amat dibutuhkan.

Rekonstruksi wajah sebagai bentuk operasi plastik merupakan tindakan yang tepat, agar kualitas kehidupan para tentara menjadi lebih baik.

Berikut ini merupakan sejumlah foto sebelum dan sesudah tentara melakukan operasi plastik untuk memperbaiki wajah mereka yang rusak.

1. Foto Perubahan Kapten JGH Budd

Kapten JGH Budd dilarikan ke rumah sakit karena kehilangan hidungnya di medan perang. Foto kanan merupakan hasil dari enam kali operasi plastik yang mengonstruksi bentuk hidungnya kembali.

2 of 3

2. Foto Prajurit Arthur Mears

 Foto sebelum dan sesudah Prajurit Arthur Mears melakukan operasi plastik karena wajahnya terluka akibat perang. Credits: Media Drum World via The Sun

Prajurit Arthur Mears kehilangan rahang bawahnya saat perang. Foto kanan merupakan hasil operasi untuk mengkonstruksi rahang bawahnya dengan menggunakan salah satu tulang rusuknya.

3. Foto Perubahan TH Elderton

TH Elderton kehilangan bola mata kirinya dan bagian atas atas rahang. Foto sebelah kanan merupakan foto penampilan terakhir dari Elderton setelah 12 bulan melakukan serangkaian operasi plastik.

 

 

3 of 3

4. Foto Perubahan Prajurit Harold Page

Foto sebelum dan sesudah Prajurit Harold Page melakukan operasi plastik karena wajahnya terluka akibat perang. Credits: Media Drum World via The Sun

Prajurit Harold Page mengalami kerusakan parah pada bagian kanan wajahnya. Luka tersebut harus membuat Harold kehilangan satu matanya. Foto kanan merupakan penampilan wajah Harold setelah wajahnya direkonstruksi ulang.

5. Prajurit William Thomas

Prajurit William Thomas mengalami rusak parah pada bagian wajah kirinya sampai mencapai ke area bagian tengah. Thomas harus melakukan 19 operasi selam enam tahun agar wajahnya bisa menjadi lebih baik.

Foto-foto operasi wajah akibat perang ini, merupakan sejumlah kecil dari banyaknya tindakan operasi yang dilakukan para tentara akibat luka perang. Namun dari sini kita bisa paham bahwa situasi dan keadaan perang sangat buruk sekali, tidak hanya bisa kehilangan anggota badan, nyawa pun banyak yang berjatuhan.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓