Sukses

Mau Tinggal di Desa di Swiss Ini, Kamu Bakal Dibayar Rp 964 Juta

Sekarang ini untuk membuat rumah, kita harus berpikir matang-matang. Namun jika tinggal di Swiss, kita akan diberi uang sebanyak Rp 964 juta

Liputan6.com, Jakarta Di era sekarang ini sangat susah untuk mendapatkan rumah murah. Jika kita ingin membangun rumah pun harus berpikir dengan matang karena memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan setelah berhasil membuat atau memiliki rumah, kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merenovasi rumah. Namun ada yang unik di negara Swiss, jika kita ingin tinggal di desa sana kita akan dibayar 964 juta rupiah.

Sebuah desa di pegunungan Albinen, Swiss, memberi penawaran menarik bagi keluarga yang mau tinggal di sana. Keluarga yang ingin tinggal di sana akan mendapatkan bantuan berupa subsidi termasuk untuk biaya renovasi rumah, dan biaya hidup yang kalau ditotalkan jumlahnya sebesar 964 juta rupiah lebih.

Desa yang populasinya hanya 240 orang ini memang sedang berupaya ke pemerintahan Swiss agar desa itu tidak mati karena tidak ada penghuninya. Untuk saat ini saja sekolah di sana sudah ditutup karena tak ada murid. Dengan kekhawatiran semakin menyusutnya jumlah populasi di desa itu, sekelompok pemuda mengajukan petisi untuk memberikan insentif bagi siapa saja yang mau pindah ke desa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Kena Denda Jika Menetap Kurang dari 10 Tahun

Siapa saja yang berusia di bawah 45 tahun dan mau membangun atau merenovasi rumah di desa itu maka akan diberi subsidi. Orang dewasa akan mendapatkan 344 juta rupiah per orang, 138 juta rupiah per anak. Artinya pasangan dengan dua anak akan mendapatkan 964 juta rupiah jika mereka memutuskan untuk pindah ke kota. Namun rencana ini masih harus menjalani voting di parlemen pada 30 November 2017 nanti.

Jika kita berminat namun tidak menetap lebih dari 10 tahun maka kita akan kena denda. Ada peraturan lainnya yaitu, bagi siapa saja yang telah mendapatkan dana itu dan pindah lagi sebelum 10 tahun menetap, dia harus membayar ganti rugi paling sedikit sebesar uang yang telah diterima. Thomas Egger, direktur Swiss Working Group for Mountain Areas, mengatakan, "Sepinya desa seperti di pegunungan Albinen merupakan masalah nasional".

Berminat tinggal di desa yang ketenangannya tidak diragukan lagi, pemandangan yang menakjubkan, kualitas udara dan lokasi yang dekat dengan Sion, Visp dan Leukerbad, dan tentunya mendapatkan uang 964 juta.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.