Sukses

9 Cara Hidup Tak Lazim yang Biasa Dilakukan Orang Mesir Kuno

Kita sering berpikir bahwa orang-orang kuno adalah masyarakat terbelakang. Namun, benarkah demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering berpikir bahwa orang-orang kuno adalah masyarakat terbelakang. Tradisi yang aneh, bahasa yang tak dikenal, pakaian yang bentuknya tak lazim, kira-kira seperti itu.

Akan tetapi, berbeda bila kita mesti membahas Mesir kuno. Arkeolog justru membuktikan bangsa Mesir kuno adalah salah satu yang berpendidikan. Berikut fakta menarik lainnya tentang kehidupan orang Mesir kuno.

1. Merawat mata dengan bahan aneh

Infeksi mata adalah penyakit umum di antara orang Mesir. Mereka menggunakan berbagai metode pengobatan yang seringnya, terbilang aneh. Terkadang, mereka menggunakan cat bakterisida atau obat yang terbuat dari otak manusia.

Salah satu resepnya yaitu: bagilah otak manusia menjadi dua bagian. Campurkan paruh pertama dengan madu dan oles pada mata di malam hari. Keringkan bagian yang kedua untuk dioleskan di pagi hari.

Tertarik untuk mencobanya, mungkin?

2. Orang Mesir kuno telah melakukan operasi yang sulit

Mereka memiliki pengetahuan obat yang akurat dan unik yang bisa dibandingkan dengan praktik modern. Para ilmuwan yang memeriksa mumi mengklaim sering menemukan jejak operasi yang menantang, seperti: operasi bypass jantung, transplantasi organ, dan bahkan operasi plastik.

Sayangnya, pengetahuan mereka telah hilang. Kita tak bisa mengetahui lagi bagaimana cara dokter Mesir kuno melakukan pengobatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mereka yang pertama menghasilkan bir

Tahukah Anda, para pekerja yang membangun piramida ada yang dibayar dengan bir 4-5 liter sehari. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa pembuatan bir mereka berada pada tingkat yang sangat baik. Orang Mesir adalah salah satu yang pertama menghasilkan minuman ini.

4. Membentuk kepolisian pertama di dunia

Pasukan kepolisian pertama di dunia dibentuk pada masa Kerajaan Tengah (2050-1800 SM). Ini termasuk prajurit paling setia dan tentara bayaran.

Polisi Mesir telah didampingi oleh anjing dan monyet. Petugas melindungi kuil dan alun-alun kota, perwakilan kelas atas, dan petinggi dari penjahat. Mereka benar-benar seperti polisi modern.

3 dari 4 halaman

5. Menemukan pasta gigi

Ada beberapa bukti bahwa orang Mesir kuno telah memproduksi pasta gigi. Diperkirakan sejak 5000 SM, mereka biasa memproduksi bubuk yang terdiri dari berbagai bahan yang tersedia (cangkang telur, batu apung).

6. Sudah menggunakan antibiotik

Meski antibiotik secara resmi ditemukan pada abad ke-20, para dokter Mesir kuno telah menggunakan roti pipih berjamur untuk menyembuhkan luka bernanah. Dan pengobatan semacam itu bekerja dengan baik.

4 dari 4 halaman

7. Mengambil besi dari meteorit

Arkeolog menemukan manik-manik logam di sebuah makam kuno. Manik-manik ini unik karena orang Mesir mulai mengenal besi baru 2.000 tahun kemudian. Jadi, bagaimana mereka mendapatkan manik-manik logam?

Jawabannya tersembunyi dalam satu hieroglif yang berarti besi dan dapat diterjemahkan sebagai logam dari langit. Jadi, kemungkinannya manik-manik itu terbuat dari bahan meteorit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.