Sukses

Pria Ini Ciptakan Jam Tangan dari Kertas, Detailnya Bikin Takjub

Seniman ini berhasil memukau warganet berkat keahliannya membuat replika jam tangan dari kertas.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang memang menjadi salah satu negara maju yang dipandang oleh dunia. Berkat kemajuan teknologi yang diciptakan, negara Sakura ini menjadi negara yang banyak mendistribusi ciptaan mereka ke belahan dunia.

Namun selain ahli dalam bidang teknologi, ternyata banyak juga warga Jepang yang memiliki keterampilan yang sangat tinggi. Salah satunya Manabu Kosaka. Pria yang berprofesi sebagai seniman itu berhasil menciptakan replika jam tangan dari kertas.

Seniman asal Saitama, Jepang itu memang memiliki keahlian yang sangat spesial. Dia dapat menciptakan hampir semua model jam tangan yang tampak seperti aslinya, termasuk detailnya. Padahal semua jam tangan yang dibuatnya terbuat dari kertas kaku berkualitas tinggi yang disebut kertas Kent atau Kentoshi. 

 

Untuk membuat jam kertas tersebut, pertama-tama dia menggambar desain pada selembar kertas. Lalu dia menggunakan beberapa alat, di antaranya lem, pisau Xacto agar bisa memotong kertas sekecil 1 mm. Satu hal yang paling penting adalah ketekunan dan ketelitian agar hasil karyanya bisa membuat banyak orang terpukau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah 15 Tahun Kosaka Mengukir Kertas Menjadi Karya

Seperti dilansir Spotlight Media, Senin (20/11/2017), Manabu telah membuat replika dari kertas kent sejak 15 tahun terakhir. Meski sudah lebih dari satu dekade, dia masih menemukan kesalahan-kesalahan saat mengukir kertas menjadi sebuah karya. Berkat ketekunannya itulah, dia berhasil membuat replika suatu produk yang sangat mirip seperti aslinya.

Dia bahkan telah banyak membuat replika jam tangan dengan merek terkenal, di antaranya Casio G-Shock, IWC Portugieser Chronograph, Frank Muller dan Rolex. Namun, salah satu karyanya yang luar biasa adalah replika jam Speedmaster lengkap dengan mekanisme internal jam tangan.

Dia juga suka menunjukkan hasil karyanya di akun Twitter-nya dengan nama @cocoa1127. Dalam unggahannya tersebut, dia ternyata tidak hanya membuat replika jam tangan, tapi juga berhasil membuat replika dompet Louis Vuitton, pemantik Zippo, kamera Vintage, bahkan Sushi. Tentunya semua karya itu terbuat dari kertas.

Penulis:

Reza Sugiharto 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.