Tak Sekadar Hobi, Ini 6 Aktivitas untuk Tingkatkan Daya Pikirmu

Oleh Nur Aida Tifani pada 18 Nov 2017, 03:39 WIB
Tak Sekadar Hobi, Ini 6 Aktivitas untuk Tingkatkan Daya Pikirmu

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pastinya ingin menjadi orang yang cerdas. Sayangnya, tidak sedikit orang mengira kecerdasan itu merupakan anugerah pemberian Tuhan yang sulit didapatkan. Padahal ada sejumlah cara untuk membuatmu menjadi orang yang lebih cerdas, yakni dengan beberapa hobi berikut ini.

Berikut enam hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan dan daya berpikirmu, melansir Simple Capacity, Jumat (17/11/2017).

1. Bermain musik

Kamu senang bermain musik? Ternyata ada nilai lebih yang bisa kamu dapatkan dengan hobi ini. Penelitian mengungkapkan bahwa bermain musik dapat mengubah bentuk dan kekuatan otak kita. Musik menjadi sumber terapi yang baik untuk otak dan dapat mengasah kemampuan kognitif kita.

Bermain musik juga dikenal sebagai aktvitas yang punya efek besar untuk meningkatkan daya imajinasi, observasi, komunikasi, dan berpikir.

2. Banyak membaca

Kamu tidak selalu harus membaca buku tebal-tebal yang membuatmu merasa bosan. Dengan sering membaca informasi dan jenis tulisan yang kamu suka, hal ini ternyata punya pengaruh besar pada otakmu.

Bahkan, ada penelitian menyebutkan dengan membaca buku terutama buku fiksi, dipercaya dapat membuat sarafmu lebih tenang. Manfaat lainnya juga bisa menambah kecerdasan biologis, kecerdasan pembelajaran, serta kecerdasan emosi.

Ketiga kecerdasan itu mampu tingkatkan daya kembang informasi, menyelesaikan masalah, sampai dengan memahami orang lain.

2 of 3

3. Sering berolahraga

Olahraga
(cookinglight.com)

Aktivitas fisik yang kerap kita lakukan ternyata berpengaruh pada otak kita. Jika kamu ingin menjadi orang yang cerdas, coba lakukan olahraga secara rutin. Kamu tidak perlu olahraga dengan keras, waktu yang kamu perlukan hanya 15 menit untuk melakukan olahraga apapun.

Sel BDNF dalam otak akan meningkatkan kemampuan daya ingat, konsentrasi dan pemahamanmu. Jadi, usahakan tidak banyak duduk dan lebih banyak bergerak.

4. Belajar bahasa baru

Kamu tertarik belajar bahasa asing? Bersamaan dengan proses belajar bahasa yang baru kamu pahami, hal ini juga mengembangkan kecerdasanmu.

Belajar bahasa dipercaya dapat membuat ingatanmu semakin tajam. Kemudian, aktvitas tersebut juga dapat mempengaruhi kemampuanmu dalam mengatur banyak hal.

3 of 3

5. Melatih otak

Catur
(dwitutor.blogspot.co.id)

Ada banyak cara untuk melatih otak. Di antaranya meliputi belajar teka-teki, scrabble, catur dan hal lainnya, merupakan sejumlah latihan yang mendorong plastisitas otak.

Secara mudahnya, aktivitas otak ini dianggap sebagai cara otak untuk mengatur dirinya sendiri. Kelebihan dari plastisitas otak juga berfungsi melawan kondisi stres dan depresi pada tubuh kita. Selain itu, hal ini meningkatkan kemampuan pengetahuan kita secara signifikan.

6. Meditasi

Dampak terbesar meditasi pada tubuh ialah memanipulasi emosimu. Hal ini mendorong sel otak menyangbungkan satu sama lain dengan sendirinya. Di sisi lain, meditasi juga membuat diri kita semakin lebih kuat karena melatih konsentrasi.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait