7 Tempat Tersembunyi Jamur Tumbuh di Rumah Anda

Oleh Sulung Lahitani pada 17 Nov 2017, 02:05 WIB
Diperbarui 17 Nov 2017, 02:05 WIB
7 Tempat Tersembunyi Jamur Tumbuh di Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin membersihkan rumah setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Terlebih jika Anda memiliki anak, Anda mungkin akan lebih sering membersihkannya.

Anda bekerja keras agar keluarga tinggal di lingkungan yang sehat dan nyaman, tapi tanpa Anda sadari, ada beberapa titik di rumah Anda yang dapat ditumbuhi jamur dan menjadi penyebab penyakit. Apa saja?

1. Sikat Gigi

Saat Anda menyikat gigi, Anda membersihkan partikel-partikel dan sisa makanan di gigi ke sikat Anda. Yang sering terlupakan, kita kerap membiarkan sikat gigi berada dalam keadaan lembab setelah digunakan.

Hal ini membuat sikat gigi menjadi salah satu tempat berkembang biak jamur, bakteri, dan partikel lainnya. Pastikan Anda menyikatnya sesekali serta membersihkan sampai ke sela-sela. Dan tentu, yang paling baik adalah menggantinya tiap beberapa bulan sesekali.

2. Kulkas

Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas sudah pasti harus Anda curigai sebagai salah satu tempat tumbuhnya jamur. Jamur dapat tumbuh di antara bagian pintu, bagian rak, serta bagian bawah tempat menampung tetesan makanan.

Anda harus membersihkan setiap bagian di lemari es, sampai ke ujung. Jangan biarkan ada yang tertinggal. Pastikan untuk memeriksa freezer-nya juga.

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

3. Kamar mandi

20170910-mengenali-tipe-kloset
Desain kloset duduk, bahkan memengaruhi estetika ruang dan keutuhan fungsi kamar mandi.

Ini jelas tempat favorit jamur untuk tumbuh. Kamar mandi sering digunakan oleh banyak orang berbeda, setidaknya bersihkan tempat ini beberapa kali dalam seminggu.

Bersihkan sela-sela ubin, sekitar keran dan saluran air. Jangan lupakan bagian belakang toilet dan tangki bila Anda menggunakan toilet duduk.

4. Cangkir anak-anak

Anak-anak tidak selalu bersih, ini membuat jamur gampang tumbuh di bagian tersembunyi dari cangkir anak-anak. Terlebih, bila ia menggunakan cangkir dengan penutup.

Jamur di dalam cangkir dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah bagi anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang. Jadi, mari teliti saat membersihkan barang-barang yang mereka gunakan setiap hari.

3 dari 4 halaman

5. Mainan

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak
Anak-anak bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ramli, Jakarta Selatan, Senin (23/10). Pemkot Jakarta Selatan pada 2018 akan membangun 10 RPTRA dengan biaya APBD Rp 17 miliar. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ya, ini adalah tempat favorit berkembangnya jamur dan bakteri. Anak-anak suka memasukkan benda ke dalam mulut mereka dan membawanya ke mana saja. Anda bisa bayangkan betapa kotornya mainan tersebut.

Sebagian besar mainan anak-anak mudah untuk dibersihkan. Namun, Anda tetap harus teliti dan membersihkan bagian dalam mainan.

6. Cetakan makeup

Pernahkan Anda memperhatikan sesuatu yang aneh tumbuh di makeup yang Anda gunakan? Banyak kosmetik memiliki bahan organik sebagai bahan pembuatnya. Ini berarti mereka dapat menghasilkan spora jamur jika dibiarkan dalam lingkungan yang hangat dan gelap.

4 dari 4 halaman

7. Coffee maker

Mesin pembuat kopi
Mesin pembuat kopi

Lembab, panas, dan ampas kopi. Alasan tersebut membuat mesin pembuat kopi menjadi salah satu tempat tumbuhnya jamur. Terlebih bila Anda merupakan penyuka kopi dan sering menggunakan mesin ini.

Setiap pembuat kopi memiliki model yang berbeda, jadi Anda harus memastikan bagian-bagian tersembunyinya juga dibersihkan. Ingat, bahkan jika bubuk kopi tidak masuk ke area tertentu, tidak berarti jamur tidak tumbuh di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓