Sukses

7 Tempat Tersembunyi Jamur Tumbuh di Rumah Anda

Tempat-tempat ini seringkali luput Anda bersihkan dan menjadi tempat tumbuhnya jamur yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin membersihkan rumah setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Terlebih jika Anda memiliki anak, Anda mungkin akan lebih sering membersihkannya.

Anda bekerja keras agar keluarga tinggal di lingkungan yang sehat dan nyaman, tapi tanpa Anda sadari, ada beberapa titik di rumah Anda yang dapat ditumbuhi jamur dan menjadi penyebab penyakit. Apa saja?

1. Sikat Gigi

Saat Anda menyikat gigi, Anda membersihkan partikel-partikel dan sisa makanan di gigi ke sikat Anda. Yang sering terlupakan, kita kerap membiarkan sikat gigi berada dalam keadaan lembab setelah digunakan.

Hal ini membuat sikat gigi menjadi salah satu tempat berkembang biak jamur, bakteri, dan partikel lainnya. Pastikan Anda menyikatnya sesekali serta membersihkan sampai ke sela-sela. Dan tentu, yang paling baik adalah menggantinya tiap beberapa bulan sesekali.

2. Kulkas

Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas sudah pasti harus Anda curigai sebagai salah satu tempat tumbuhnya jamur. Jamur dapat tumbuh di antara bagian pintu, bagian rak, serta bagian bawah tempat menampung tetesan makanan.

Anda harus membersihkan setiap bagian di lemari es, sampai ke ujung. Jangan biarkan ada yang tertinggal. Pastikan untuk memeriksa freezer-nya juga.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kamar mandi

Ini jelas tempat favorit jamur untuk tumbuh. Kamar mandi sering digunakan oleh banyak orang berbeda, setidaknya bersihkan tempat ini beberapa kali dalam seminggu.

Bersihkan sela-sela ubin, sekitar keran dan saluran air. Jangan lupakan bagian belakang toilet dan tangki bila Anda menggunakan toilet duduk.

4. Cangkir anak-anak

Anak-anak tidak selalu bersih, ini membuat jamur gampang tumbuh di bagian tersembunyi dari cangkir anak-anak. Terlebih, bila ia menggunakan cangkir dengan penutup.

Jamur di dalam cangkir dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah bagi anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang. Jadi, mari teliti saat membersihkan barang-barang yang mereka gunakan setiap hari.

3 dari 4 halaman

5. Mainan

Ya, ini adalah tempat favorit berkembangnya jamur dan bakteri. Anak-anak suka memasukkan benda ke dalam mulut mereka dan membawanya ke mana saja. Anda bisa bayangkan betapa kotornya mainan tersebut.

Sebagian besar mainan anak-anak mudah untuk dibersihkan. Namun, Anda tetap harus teliti dan membersihkan bagian dalam mainan.

6. Cetakan makeup

Pernahkan Anda memperhatikan sesuatu yang aneh tumbuh di makeup yang Anda gunakan? Banyak kosmetik memiliki bahan organik sebagai bahan pembuatnya. Ini berarti mereka dapat menghasilkan spora jamur jika dibiarkan dalam lingkungan yang hangat dan gelap.

4 dari 4 halaman

7. Coffee maker

Lembab, panas, dan ampas kopi. Alasan tersebut membuat mesin pembuat kopi menjadi salah satu tempat tumbuhnya jamur. Terlebih bila Anda merupakan penyuka kopi dan sering menggunakan mesin ini.

Setiap pembuat kopi memiliki model yang berbeda, jadi Anda harus memastikan bagian-bagian tersembunyinya juga dibersihkan. Ingat, bahkan jika bubuk kopi tidak masuk ke area tertentu, tidak berarti jamur tidak tumbuh di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.