Sukses

Demi Istri, Pria Tua Rela Jalan Puluhan Kilo Tiap Hari Cari Donor

Pria tua ini rela berjalan puluhan kilo tiap hari untuk mencari donor ginjal bagi istrinya

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berusia 74 tahun membuktikan janjinya untuk tetap mendampingi istrinya di saat senang dan sakit.

Istri Wayne Winters mengalami gagal ginjal stadium 5. Ini membuat wanita itu mesti menjalani dialisis yang sangat tidak mengenakkan.

Mendapatkan donor ginjal tidaklah mudah. Setelah dua tahun menunggu dan tidak juga mendapatkan donor, pria asal Utah itu memutuskan melakukan sesuatu yang termasuk ekstrem.

Setiap hari, Winters berjalan jauh dari rumahnya dan berdiri di pinggir jalan sambil memakai papan dengan tulisan: "Butuh ginjal buat istri." Dia juga menyediakan nomor telepon dan golongan darah istrinya di papan tersebut.

Orang-orang yang mengetahui kisah Winters kemudian membagikannya di media sosial. Ceritanya menyebar dengan cepat. Ia dihubungi oleh orang-orang yang mengetahui tentang permohonannya yang putus asa dan mencoba membantu Winterss.

Pria itu akhirnya menemukan donor ginjal yang cocok untuk istrinya. Sayang, meski berhasil menyelamatkan istri Winters setelah mendonorkan ginjalnya, sang donor meninggal dunia setelah dioperasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Misi Baru Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Kini, pria tua itu memiliki misi baru. Ia ingin terus berjalan kaki sambil menyebarkan membantu mencarikan donor bagi orang lain yang menunggu donor organ.

"Pikirkan. Kita bisa memulai revolusi ginjal dengan ini," pungkas Winters.

Menurut American Transplant Foundation, lebih dari 100 ribu orang di Amerika Serikat saat ini sedang dalam daftar tunggu untuk organ yang berpotensi menyelamatkan nyawa mereka. Mayoritas dari mereka membutuhkan tranplantasi ginjal dan tiap sepuluh menit, nama lain ditambahkan dalam daftar tunggu itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.