Sukses

Ini Alasan Lampu Kabin Pesawat Mati Saat Terbang atau Mendarat

Ada beberapa alasan mengapa lampu kabin di pesawat dimatikan saat terbang atau mendarat. Hm, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Setiap transportasi umum selalu memiliki aturan dan standar keamanan, begitu juga untuk pesawat, demi keselamatan yang optimal, otoritas penerbangan membuat standar keselamatan.

Standar keselamatan penerbangan ini sudah diatur oleh sebuah lembaga dengan nama Federal Aviation Administration. Tidak cuma mematikan lampu saja lho ya, tapi juga termasuk larangan menyalakan handphone saat terbang.

Tapi tahukah kamu, jika masih ada beberapa alasan lain kenapa Lampu Kabin Pesawat Dimatikan Saat Akan Terbang atau Mendarat.

Penasaran apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menghindari Kebutaan Sesaat

Buta Sesaat? Memang agak serem ya. Tapi hal itu memang benar adanya lho, cahaya lampu pada kabin pesawat juga menentukan kemampuan untuk mata kita beradaptasi.

Jika ruangan kabin dalam keadaan terang, sedangkan diluar keadaan gelap, hal ini bisa membuat efek buta sesaat pada mata. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika mata kita memerlukan adaptasi pada cahaya, dan itu membutuhkan waktu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Situasi dalam Pesawat Terpantau dengan Jelas

Alasan yang kedua adalah dengan mematikan lampu kabin saat akan terbang dan mendarat adalah agar para kru pesawat bisa melihat keadaan di luar pesawat dengan jelas.

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu yang terjadi, dan bisa merancang strategi evakuasi dengan tepat.

Selengkapnya, kamu bisa baca di: http://www.piknikdong.com/kenapa-lampu-kabin-pesawat-dimatikan-saat-akan-terbang-atau-mendarat-ini-alasanya.html

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.