Sukses

Peneliti Temukan Planet Raksasa Lebih Besar dari Bintangnya

Para astronom baru-baru ini bahkan menemukan sebuah planet baru berukuran raksasa yang dinamakan NGTS-1b.

Liputan6.com, Jakarta - Alam semesta memang sangat luas. Sampai saat ini bahkan belum ada yang mengetahui secara pasti seberapa luas alam semesta ini. Dengan luasnya alam semesta, tidak menutup kemungkinan banyak benda luar angkasa yang belum ditemukan.

Para astronom baru-baru ini bahkan menemukan sebuah planet baru berukuran raksasa yang dinamakan NGTS-1b. Besarnya planet itu melebihi ukuran dari matahari atau bintang yang ia kelilingi.

Planet itu berjarak sekitar 600 juta tahun cahaya dari Bumi, dan merupakan planet besar karena ukurannya melebihi dari bintangnya sendiri. Sedangkan bintangnya berukuran setengah dari matahari yang di orbit Bumi dan tujuh planet lainnya.

Penulis utama penelitian ini, Dr. Daniel Bayliss dari Universitas Astronomi dan Astrofisika Universitas Warwick, mengatakan "Penemuan NGTS-1b sangat mengejutkan kami. Planet seperti itu diperkirakan tidak ada karena ia mengitari bintang kecil. Ini adalah planet ekstrasurya pertama yang kami temukan dengan fasilitas NGTS baru kami."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NGTS teleskop yang mencari bintang redup

NGTS adalah survei fotometrik lapangan yang dirancang untuk menemukan transit planet-planet ekstrasurya. NGTS menggunakan serangkaian teleskop robotik kecil, sehingga memaksimalkan kepekaan terhadap bintang yang terang tapi relatif kecil dan sejuk.

Profesor Peter Wheatley, melanjutkan "NGTS-1b sulit ditemukan, planet ini berukuran monster tetapi ukuran bintang induknya sangat kecil. Bintang-bintang kecil sebenarnya hal biasa di alam semesta, jadi mungkin saja ada banyak planet raksasa ini yang menunggu untuk ditemukan."

"Setelah bekerja selama hampir satu dekade untuk mengembangkan rangkaian teleskop NGTS, sangat menyenangkan ia menemukan planet baru dan tak terduga. Saya tak sabar untuk melihat jenis planet baru yang menarik lainnya," tambah Profesor Peter Wheatley.

Penulis:

Reza Sugiharto 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.