Sukses

Peneliti Ungkap Pentingnya Ikatan Ayah dan Anak Perempuan

Biasanya anak perempuan akan lebih dekat dengan ibu. Namun, peneliti mengungkapkan bahwa ikatan erat kepada ayah juga memberikan manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal urus mengurus anak biasanya peran ibu lebih dominan dibandingkan dengan ayah. Untuk anak perempuan juga cenderung akan lebih dekat kepada ibu daripada ayah. Padahal, sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan banyak manfaat yang didapat jika anak perempuan lebih dekat dengan ayah mereka.

Melansir Peacequarters, Jumat (03/11/2017). Sebuah jurnal psikologi keluarga menyebutkan, anak perempuan yang mempunyai hubungan baik dengan ayah mereka dapat lebih sedikit mengurangi perkembangan depresi dan rasa cemas. Mereka juga lebih baik dalam mengendalikan rasa stres mereka.

Jika kamu berpikir peran ayah kurang dalam mengurus anak, maka kamu salah. Selain memberikan dukungan finasial, ayah juga menjaga kesehatan anak mereka. Apalagi jika peran mereka sudah dilakukan sejak anak masih kecil, maka anak-anak mereka punya kesehatan mulai dari emosional dan fisik yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah sederhana dari kecil

Menjalin hubungan yang erat dengan ayah dapat membangun perasaan yang lebih dalam. Hal ini dapat memberikan efek yang baik agar anak perempuan menjadi lebih percaya diri dengan dirinya.

Untuk itulah para ayah di luar sana, kalian bisa membantu anak mulai dari sejak kecil. Langkah sederhana yang bisa kalian lakukan ialah seperti mengganti popok bayi, memberikan susu formula, memberikan makan, dan bermain dengan mereka. Upaya ini dapat merekatkan hubungan ayah dengan anak perempuannya. 

Untuk parah ayah yang terkadang mempunyai jarak dengan putrinya, lakukanlah pendekatan secara perlahan. Ciptakan hubungan yang sehat kepada anak sehingga semakin lama mereka juga bisa mengungkapkan perasaan kepada sang ayah. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.