Kepergok Ambil Minyak Bekas di Got, Wanita Ini Dikecam

Oleh Nur Aida Tifani pada 04 Nov 2017, 12:00 WIB
Kepergok Ambil Minyak Bekas di Got, Wanita Ini Dikecam

Liputan6.com, Tiongkok - Biaya bahan-bahan makanan yang semakin tinggi memang membuat banyak orang merasa keberatan. Apalagi untuk para pengusaha tempat makan. Semakin tinggi biaya bahan makanan, mereka akan merugi jika pendapatan mereka tidak sebanding. 

Namun keadaan mendesak membuat banyak orang memutar otak untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti tindakan yang satu ini.

Di akhir Oktober 2017, sejumlah orang di Tiongkok kepergok mengambil minyak bekas di dalam got. Aksi mereka tentu membuat publik tercengang. Meski belum diketahui minyak tersebut digunakan untuk kepentingan apa, tapi publik berasumsi bahwa minyak bekas itu akan digunakan kembali untuk memasak.

Sebuah video yang beredar di Facebook, memperlihatkan aksi seorang perempuan yang tengah mengambil minyak yang mengambang di dalam got. Namun tampak adanya perdebatan antara perempuan yang mengambil minyak dan perempuan yang merekam video.

 

 

2 of 2

Reaksi pubik

"Lihat, wanita ini mengatakan minyak yang mereka ambil dari saluran pembuangan katanya telah disetujui oleh pihak yang berwenang. Aku tidak bisa memikirkan pihak mana yang mengizinkan tindakan tersebut. Mereka juga mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan prosedur yang layak sehingga mendapat persetujuan. Aku harap sejumlah pihak berwenang melakukan pemeriksaan kepada mereka. Untuk siapa saja yang menyakiskan rekaman ini. Tolong sebarkan ke yang lainnya," kata perempuan yang merekam video, seperti dilansir dari Shanghaiist, Jumat (3/11/2017).

Tentunya pernyataan tersebut memancing amarah perempuan yang mengambil minyak. "Percuma saja, bahkan sampai kamu melapor ke polisi," timpalnya dengan nada tinggi kepada wanita yang merekam.

Publik juga menganggap bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk mengurangi biaya kebutuhan pokok. Apalagi untuk banyak orang yang mempunyai usaha makanan, cara mengumpulkan minyak seperti ini efektif dan lebih hemat.

Aksi yang terekam ini tentu membuat publik merasa marah sekaligus jijik. Tidak sedikit warganet juga mengingatkan satu sama lain tentang bahaya dan kotornya minyak bekas yang diambil dari saluran pembuangan. Mereka juga mengingatkan untuk berhati-hati ketika mengonsumsi jajanan dan restoran.

Nah, bagaimana menurut kamu?

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓