Canggih, Dokter Berhasil Temukan Kankernya Sendiri Pakai iPhone

Oleh Sulung Lahitani pada 02 Nov 2017, 18:00 WIB
Canggih, Dokter Berhasil Temukan Kankernya Sendiri Pakai iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Seorang dokter berhasil mendiagnosis dirinya dengan kanker stadium empat hanya menggunakan ponsel pintar.

Musim panas yang lalu, ahli bedah vaskular Dr. John Martin merasakan iritasi di tenggorokannya. Ia pun memutuskan menyelidiki hal tersebut dengan menggunakan Butterfly iQ. Ini merupakan perangkat ultrasound berukuran saku yang dibuat oleh Butterfly Network.

Setelah memperoleh bukti, Martin berkonsultasi dengan sesama speliasis untuk mengonfirmasi hasilnya. Dia didiagnosis dengan karsinoma sel skuamosa yang merupakan sejenis kanker kulit. Bagaimanapun, Martin berterima kasih dengan perangkat ultrasound portabel tersebut.

"Ada sejuta hal yang masuk akal dan bisa saja terjadi. Tapi saat saya mengetahui saya menderita kanker hanya dari hasil foto pribadi, ini cukup baik," ujar Martin seperti dikutip dari Shared.com.

Di sisi lain, Butterfly Network mengatakan bahwa perangkat tersebut hanya dapat dibeli oleh seseorang petugas medis berlisensi. Dengan kecepatan mesin dalam mendiagnosis, tentunya langkah tepat yang harusnya diambil pun dapat diketahui lebih cepat.

 

 

2 of 2

Mempermudah Diagnosis Penyakit

Walau demikian, hasil dari alat tersebut memakan waktu hingga dua bulan untuk mendapatkan hasil pencitraannya kembali. Selain itu, sistem ultrasound portable ini lebih murah ketimbang yang di rumah sakit.

Butterfly iQ adalah perangkat ultrasound iPhone pertama yang mendapat persutujuan FDA. Ini mencakup 13 aplikasi klinis dan dijadwalkan dirilis pada 2018.

Meski teknolgi ini akan mempercepat waktu menunggu diagnosis, Martin mengatakan bahwa alat tersebut seharusnya tidak digunakan sebagai pengganti petugas medis profesional terlatih.

(Sul/Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓