Sukses

Tiongkok Buka Laboratorium Kloning Agar Anjingmu Tak Pernah Mati

Proses kloning anjing sebenarnya sudah lama dilakukan. Namun, sebuah lab di Tiongkok memberikan pilihan agar anjingmu agar tetap hidup.

Liputan6.com, Jakarta Hewan peliharaan seperti anjing merupakan bagian dari keluarga kita. Kerap kali kita menyayangi mereka lebih dari sekadar teman terdekat kita. Setelah kematian anjing yang kita sayangi tentunya kita sulit untuk menggantikan posisi mereka dengan hewan lain.

Namun, sebuah laboratorium bernama Sinogene di Beijing, Tiongkok bisa menghidupkan kembali anjing yang telah mati dengan proses kloning. Walaupun sudah banyak peneliti melakukan kloning semacam ini, mereka mengklaim bahwa tim mereka merupakan yang pertama kali berhasil dengan metode transfer sel somatik.

Source:dailymail.co.uk

Dalam proses kloning yang mereka tawarkan terdiri dari tiga pilihan. Jika hewan peliharaan sudah berusia tua dan sering sakit-sakitan, pihak lab bisa mengambil sampel DNA hewan kesayanganmu. Mereka kemudian akan menyimpannya dan menggunakaannya untuk memulihkan hewan peliharaan mu.

Pilihan kedua yakni setelah meninggal, DNA yang disimpan oleh lab dapat menghidupkan mereka kembali melalui proses kloning. Ada pula pilihan yang lebih kreatif misalanya kloning anjing kesayangmu untuk menghasilkan anjing lainnya melalui proses edit genetik.

Source: businessinsider.com

Pihak peneliti dari Sinogene sudah berhasil melakukan kloning pertama mereka terhadap anjing. Anjing yang mereka beri nama Longlong itu merupakan anjing sejenis beagle yang dikloning dengan genetik yang telah diubah.

"Kami percaya bahwa keberhasilan kloning kita lebih tinggi, dari tim Korea Selatan yang sebelumnya sudah melakukan kloning anjing pertama," ujar Lai salah satu tim peneliti Sinogene mengutip Shanghaiist, Selasa (31/10/2017).

Namun, untuk mengkloning hewan kesayanganmu kamu perlu biaya sebesar 1,26 Euro atau setara dengan 19 miliyar lebih. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi di masa depan,  mereka mengklaim bahwa metode kloning akan semakin murah.

Bagimana pendapatmu tentang kloning ini? Apa kamu tertarik?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.