Sukses

5 Kebiasaan Kecil Ini Ampuh Bikin Hidupmu Lebih Baik

Menjadlani hidup yang sehat dan baik pasti diinginkan setiap orang. Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani hidup yang sehat, baik fisik maupun jiwa merupakan keinginan banyak orang. Sayangnya, banyak orang memulainya dari kebiasaan yang salah.

Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan positif yang bisa kamu lakukan untuk membuat hidupmu lebih baik, seperti dilansir dari Hack Spirit, Jumat (27/10/2017).

1. Berlari

Nenek moyang kita sering berlari untuk menangkap dan berburu. Oleh karena itu, tubuh manusia sendiri memang sengaja dibentuk untuk berlari.

Aktivitas ini mungkin tidak ramah bagi beberapa orang. Ya, berlari memang melelahkan tapi kamu harus tahu manfaat yang baik dibaliknya. Kamu tidak perlu berlari dengan kencang, yang harus kamu lakukan adalah rutin mengerjakannya.

Sebuah studi dari jurnal American College of Cardiology menemukan berlari selama 5-10 menit setiap hari dengan kecepatan yang lambat dapat dikaitkan dengan perunuan risiko penyakit jantung. Selain itu, manfaat dari berlari juga bisa membantu seseorang yang mengalami depresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Puasa Sebentar

Diet sendiri bukan berati menolak untuk makan, melainkan mengatur pola makan. Jika kamu ingin mengatur pola makan usahakan tidak mengunyah makanan apapun setelah jam 7 malam sampai dengan jam 11 pagi. Kemudian kamu bisa makan kembali sebebas-bebasnya dari jam 11 pagi sampai dengan sebelum jam tujuh malam.

Tentunya makan bebas juga berarti kamu bisa makan makanan cepat saji. Akan semakin baik lagi untuk menyimbangkan dengan makanan sehat. Cara ini telah dibuktikan dapat menurunkan berat badan sebesar tiga sampai dengan delapan persen selama tiga sampai dengan 24 minggu.

Selain cukup efektif untuk menurunkan berat badan, puasa ini bisa mengurangi inflamasi pada tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Angkat Beban

Angkat beban bukanlah olahraga yang dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, olahraga ini bisa jadi kebiasaan yang baik untuk pikiran dan tubuh. Kamu tidak harus mengangkat beban agar terbentuk seperti atlet binaragawan. Hal yang perlu kamu lakukan bisa mengangkat beban yang lebih ringan, asalkan dilakukan dengan rutin.

Bahkan beberapa sumber penelitian menyebutkan, mengakat beban dapat menurunkan risiko kematian. Daripada mengkhawatirkan berat badan, akan lebih baik jika kita memaksimalkan massa otot kita dengan melakukan angkat beban. Penelitian lainnya juga menyebutkan orang-orang tua yang rutin mengangkat beban punya pengaruh terhadap pola tidur mereka yang menjadi lebih baik.

 

4 dari 5 halaman

4. Kurangi Aktivitas Medsos

Ini dia yang sering mengganggu pikiran kita. Media sosial seperti Facebook tentunya memiliki banyak kegunaan dan fungsi. Namun, apakah kamu menggunakannya dengan baik?

Penelitian di Denmark melakukan penelitian untuk membandingkan orang yang menggunakan Facebook dan tidak menggunakan Facebook. Hasil yang mereka temukan, kelompok orang yang tidak menggunakan Facebook justru merasa lebih menikmati hidup mereka.

Ternyata media sosial seperti Facebook dapat mendistorsi pikiran kita terhadap realitas hidup. Sering kali kita membandingkan hidup kita dengan orang lain.

Banyak penelitian yang juga menyebutkan bawa Facebook dapat membuat seseorang berujung pada depresi, perasaan cemburu, mengisolasi seseorang, serta menurunkan tingkat percaya diri.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan Facebook atau media sosial lainnya dengan secara bijak dengan membatasi waktu.

5 dari 5 halaman

5. Keluar Rumah

Teknologi memang dapat menyita waktu kita di dalam ruangan. Hal ini tidaklah bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita. Hal yang bisa kamu lakukan ialah keluar rumah dan nikmati pemandangan alam.

Sebuah studi di Jepang menujukkan partisipan yang sering pergi ke hutan memiliki tingkat penyakit jantung yang rendah. Mereka juga diketahui memiliki rasa stres yang lebih rendah.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengunjungi taman-taman terdekat di rumahmu. Hanya cukup dengan 20 menit untuk menikmati suasana alam dan pepohonan untuk menghilangkan rasa stres.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.