Pemburu Harta Temukan Tumpukan Koin Kuno Senilai Rp 3,5 M

Oleh Sulung Lahitani pada 25 Okt 2017, 20:00 WIB
Diperbarui 25 Okt 2017, 20:00 WIB
Pemburu Harta Temukan Tumpukan Koin Kuno Seharga Rp 3,5 M
Perbesar
Dengan menggunakan detektor logam, sejarawan amatir itu menemukan tumpukan koin perak Romawi berusia 2.000 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Setidaknya sekali dalam hidup, kita pernah bermimpi menggali sesuatu yang sangat berharga. Siapa yang tak ingin menjadi kaya secara instan, sih? Menemukan harta karun terkubur yang menjadi impian sewaktu kecil pun sebenarnya bisa saja diwujudkan bila Anda memiliki detektor logam.

Mike Smale (35) tak pernah mengira akan menemukan harta seperti itu dalam hidupnya. Dengan menggunakan detektor logam, sejarawan amatir itu menemukan tumpukan koin perak Romawi berusia 2.000 tahun. Tumpukan koin itu satunya saja bisa terjual seharga 900 pound sterling atau sekitar 16 juta rupiah.

Sementara tumpukan koin yang Mike temukan sendiri mencapai 600 koin. Setidaknya nilai koin kuno temuan pria itu mencapai 3,5 miliar rupiah.

"Ini adalah temuan yang sangat hebat dan terbesar. Tapi saya tak akan menyerah. Ini sangat menyenangkan saat dilakukan," ujar dia, seperti dilansir dari Viral4real.

Tumpukan koin itu sendiri ditemukan di ladang petani di Bridport. Koin-koin yang ditemukan akan diserahkan ke petugas pemeriksa untuk mengetahui nilainya dan dijual ke museum. Keuntungan tersebut akan dibagi antara petani pemilik lahan dan Mike.

(Sul/Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: