Tak Butuh Uang, Pria Ini Tinggal di Gua Selama 17 Tahun

Oleh Sulung Lahitani pada 23 Okt 2017, 19:00 WIB
Tak Butuh Uang, Pria Ini Tinggal di Gua Selama 17 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda memegang uang? Bagi seorang Daniel Suelo, itu berarti 17 tahun yang lalu. Tepatnya tahun 2000 adalah saat terakhir Daniel memegang lembaran uang dan sejak saat itu, ia memutuskan tidak menggunakan uang lagi.

Tak hanya memutuskan tidak lagi menggunakan uang, pria itu juga memilih tinggal di gua. Keputusan itu ia ambil karena kecewa dengan uang dan perannya di masyarakat.

"Saat saya hidup dengan uang, saya selalu merasa kurang. Uang mewakili utang dan kredit, tapi uang tak pernah mewakili apa yang ada sekarang," ujar dia.

Daniel kemudian memutuskan keluar dari kehidupannya sebagai chef dan meninggalkan semuanya. Kini, ia tinggal di dalam gua di tepi tebing di Taman Nasional Arches. Tempat yang ia sebut rumah itu sendiri sebenarnya merupakan tempat penampungan batu sepanjang 60 meter dan setinggi 15 meter.

2 of 2

Agar Terasa seperti Rumah Sungguhan

Tak Butuh Uang, Pria Ini Tinggal di Gua Selama 17 Tahun
Baginya, uang hanya membuatnya terkekang.

Untuk membuatnya terasa seperti rumah sungguhan, ia mengukir tempat tidurnya sendiri di bebatuan. Karena tak lagi menggunakan uang, Daniel mencari makanan sendiri serta minum dan mandi di sungai terdekat.

Sesekali, Daniel masih mendatangi peradaban untuk mencari kebutuhannya. Namun, ia memilih untuk barter dan tidak menggunakan uang. Baginya, memegang uang benar-benar sesuatu yang tidak nyaman.

"Filosofi saya hanya menggunakan apa yang diberikan atau dibuang orang. Saya tak ingin lagi bergantung dengan alat pembayaran yang memperbudak saya," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by