5 Suku Misterius yang Sempat Menghilang dari Peradaban

Oleh Nur Aida Tifani pada 24 Okt 2017, 00:20 WIB

Diperbarui 26 Okt 2017, 00:13 WIB

[Bintang] Suku Mursi

Liputan6.com, Jakarta Setiap suku di dunia mempunyai peraturan masing-masing. Beberapa ketentuan di antaranya seperti menjauhi kontak dengan dunia luar.

Berikut ini merupakan sejumlah suku yang dikenal misterius, melansir Dark Fact, Jumat (20/10/2017). Selain mengisolasi kelompok mereka dengan dunia luar, suku-suku ini juga tak segan membunuh orang luar yang mendekati wilayah mereka.

1. Suku Korubo

Suku Korubo. Source: wired.com

Kehadiran Suku Korubo diketahui pertama kali oleh penjelajah yang menulusuri lembah sungai Amazon di bagian barat. Suku mereka kemudian mendapat perhatian oleh pemerintah sejak tahun 1972. Namun, tujuh pekerja sensus penduduk yang berusaha mendekati mereka malah dibunuh.

Saat ini hubungan antara pemerintah setempat dengan suku Korubo telah berjalan damai sejak 1997. Sayangnya masih ada sejumlah kelompok yang memisahkan diri dari suku utama mereka dan bersembunyi di hutan.

Sebenarnya, di daerah hutan Amazon sendiri diperkirakan masih terdapat 70 suku yang mengisolasi diri mereka dengan dunia luar. Mereka akan membunuh siapa saja bahkan menyerang pesawat yang melintas di atas pemukiman suku mereka.

 

 

 

2 of 3

2. Suku Mashco-Piro

Suku Mashco-Piro
Suku Mashco-Piro. Source: www.nationalgeographic.com

Keberadaan Suku Mashco-Piro direkam pertama kali oleh seorang turis yang melintas pada perairan sungai Manu, di Peru. Turis yang mengambil gambar tersebut tidak mengetahui bahwa dirinya mendokumentasikan Suku Mascho-Pico yang sulit untuk ditemukan. Hasil rekaman tersebut kemudian diketahui oleh pemerintah setempat dan berupaya melakukan ekspedisi untuk mencari mereka.

Alih-alih melakukan kontak dengan Suku Mashco-pico, pemandu yang membimbing mereka malah dibunuh menggunakan panah beracun. Sehingga sejak saat itu pemerintah setempat menghindari kontak dengan suku tersebut. Kabarnya sampai Sekarang ini suku Masho-Piso masih mengisolasi keberadaan mereka.

3. Suku Sentinel

Suku Sentinel. Source: http://images.indianexpress.com

Suku Sentinel diketahui merupakan suku asli dari Pulau Utara Sentinel, Teluk Bengal, India. Orang luar yang masuk ke dalam perairan kepulauan mereka akan langsung diserang.

Pada tahun 2006 pernah terjadi perselisihan antara suku Sentinel dengan nelayan dan menyebabkan dua orang nelayan tewas. Bahkan, helikopter yang berusaha untuk mengambil kedua jasad nelayan tersebut langsung mendapat serangan oleh suku tersebut.

3 of 3

4. Suku Pintupi

Suku Pintupi
Source: http://cdn.newsapi.com.au

Suku pintupi sebenarnya masih termasuk ke dalam bagian dari suku Aborigin. Suku mereka dikenal hidup dalam lingkungan yang ekstrem di bagian Barat Gurun Australia.

Namun, keberadaan mereka mulai diketahui sejak adanya tes misil nuklir di Australia pada tahun 1960. Setelah tes itu dicoba sejumlah militer justru terkejut hasil tes mereka ternyata berdampak pada area pemukiman.

Karena tes tersebut akhirnya suku Pintupi dihilangkan dari wilayah asal mereka. Walaupun beberapa sempat dilarikan ke tempat pengungisan, namun masih sempat ditemukan sejumlah kelompok nomadik yang juga merupakan suku pintupi. Mereka sempat disebut sebagai 'suku yang hilang' di gurun sampai dengan tahun 1984.

5. Suku Ruc

Suku Ruc. Source: pinterest.com

Suku Ruc merupakan suku yang berasal dari pedalaman Vietnam. Penemuan suku ini diketahui sejak terjadinya perang Vietnam. Di mana pasukan tentara berusaha untuk menyimpan cadangan senjata mereka ke dalam hutan. Dari situlah para tentara menemukan suku Ruc yang sebelumnya tidak pernah diketahui oleh banyak orang vietnam.

Suku Ruc diketahui mempunyai ilmu sihir yang bahkan dapat mengendalikan hewan buas di hutan. Pernah terdapat kasus di mana seorang peneliti mengalami muntah darah karena membuat marah tetua suku Ruc.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓