Sukses

10 Tips Kreatif yang Bisa Kamu Lakukan dengan Smartphone

Berikut tips kreatif yang bisa kamu lakukan dengan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone seperti kamu pasti menemukan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika smartphone kamu tercebur ke air saat traveling.

Tenang saja, karena ada banyak tips kreatif untuk pengguna smartphone seperti kamu yang bisa langsung dilakukan di rumah atau pun saat sedang traveling. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat murah dan mudah untuk didapatkan di manapun juga.

Berikut tips kreatif yang bisa kamu lakukan dengan smartphone, seperti dilansir dari Brightside.

1. Gunakan paperclip untuk nonton

Masih suka nonton drama Korea dari smartphone kamu? Tenang, daripada tangan kamu pegal karena megangin smartphone terus lebih baik gunakan paperclip saja. Jadi, smartphone kamu tetap bisa tegak berdiri dengan bantuan paperclip.

Caranya mudah saja kok. Pertama gunakan paperclip yang cukup besar untuk menopang smartphone kamu. Kemudian tekuk sekitar 80 derajat. Lalu sandarkan smartphone kamu di atas paperclip.

Bagian paperclip yang berdiri digunakan untuk menahan beban smartphone agar bisa tetap berdiri. Sedangkan bagian bawah paperclip sebagai penahan berat.

2. Gunakan balon untuk casing smartphone

Casing smartphone berguna untuk melindungi smartphone dari debu dan dari sidik jari yang kotor. Agar tidak meninggalkan bercak atau bekas pada bodi smartphone, sebaiknya smartphone kamu menggunakan casing untuk melindungi bodinya.

Caranya sederhana saja kok. Bahan yang dibutuhkan hanya sebuah balon.

  • Tiup balon hingga kira-kira lebih besar dan lebih lebar dari ukuran smartphone kamu.
  • Kemudian tahan ujung balon dengan jari agar udara yang sudah ditiup tidak keluar
    Letakkan smartphone di atas balon yang sudah ditiup
  • Lalu kempiskan balon seraya memasukkan smartphone agar sekelilingnya tertutupi oleh balon
  • Gunting ujung balon, bagian yang menonjol agar terlihat lebih rapi

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bersihkan goresan di layar dengan pasta gigi

Cara membersihkan goresan di layar dengan pasta gigi merupakan trik kuno. Sebetulnya memang tidak terlalu bekerja dengan baik 100% menghilangkan goresan sesuai harapan.

Goresan akan tetap terlihat. Manfaatnya hanya mengaburkan goresan dan meminimalisasi agar tidak terlalu tampak terlihat jelas di permukaan layar smartphone.

4. Gunakan lakban dan karet gelang untuk tripod darurat

Jika lupa membawa gorilla pod atau tripod mini kamu saat traveling, dalam kondisi darurat kamu bisa menggunakan tips kreatif ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah sebuah lakban dan karet gelang.

  • Masukkan smartphone ke dalam lingkaran lakban
  • Tahan posisi smartphone agar kamera tidak terhalang
  • Ikat smartphone dengan menggunakan karet gelang agar tetap berada di dalam lakban
  • Kamu bisa menggunakan lakban untuk menempelkannya di semua permukaan sebagai pengganti gorilla pod

5. Gunakan botol air minum untuk pengganti lilin saat gelap

Jika kehabisan lilin saat mati lampu atau aliran, gunakan senter smartphone kamu sebagai pengganti cahaya. Agar cahaya senter kamu bisa berpendar menyinari ruangan, gunakan botol air minum yang masih penuh terisi air.

Tempatkan senter smartphone kamu menghadap ke atas. Tempatkan botol air minum mineral dengan warna transparan tepat berada di atas senternya. Botol air mineral akan berfungsi sebagai reflektor memantulkan cahaya-cahaya yang lebih temaram menyinari sekeliling ruangan.

3 dari 3 halaman

6. Gunakan alat kontrasepsi untuk foto underwater

Foto underwater menjadi salah satu momen terbaik saat traveling ke pantai atau ke sungai. Nah, agar foto traveling kamu tetap bagus meski tanpa case waterproof, kamu bisa menggunakan alat kontrasepsi sebagai penggantinya.

Namun, cara ini memang cukup berisiko bocor terutama jika smartphone kamu masuk ke dalam air lebih dari kedalaman 30 sentimeter. Jadi, pertimbangkan kembali ya jika kamu benar-benar mau mempraktikkannya.

Ada baiknya uji coba terlebih dahulu di dapur dengan menggunakan ember kecil. Apakah smartphone kamu benar-benar bisa memotret jika di bawa ke dalam air dengan menggunakan bungkus alat kontrasepsi.

7. Gunakan tombol pada earphone untuk memotret dari jarak jauh

Jika tidak ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk memotret kamu, jangan khawatir kawan. Kamu masih tetap bisa menggunakan earphone kamu sebagai shutter.

Pastikan earphone kamu memiliki tombol volume atau tombol menjawab telepon. Kamu tinggal melakukan sedikit pengaturan di smartphone kamu agar mengubah fungsi tombol tersebut menjadi shutter saat kamera smartphone kamu diaktifkan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.