Sukses

Canggih, Beli Ayam Goreng di Restoran Ini Pakai Sensor Muka

Restoran cepat saji bekerja sama dengan Alibaba memberi inovasi baru dalam kemudahan pembayaran makanan dengan sensor wajah.

Liputan6.com, Tiongkok - Sebuah restoran cepat saji yang khusus menyediakan ayam goreng di Hangzhou, Tiongkok, memberi inovasi baru dalam kemudahan pembayaran makanan.

Mereka menguji sistem pembayaran baru yang memungkinkan pembeli dapat membayar makanan hanya dengan tersenyum pada kamera.

Metode pembayaran ini disebut “Smile to Pay” dan diluncurkan dalam kerjasama bersama Alipay, platform pembayaran online yang dibuat oleh Alibaba, perusahaan besar  di Tiongkok.

Meski terlihat konyol, bentuk pembayaran ini telah dikerjakan oleh Alibaba selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa teknologi ini membutuhkan waktu sekitar dua detik untuk memindai wajah seseorang dengan menggunakan kamera 3D dan “live-ness detection algorithm” untuk mengurangi kecurangan.

Teknologi ini tersedia bagi pelanggan yang terdaftar di aplikasi Alipay. Pelanggan yang memutuskan untuk menggunakan metode ini harus memasukkan nomor telepon mereka sebagai bentuk verifikasi kedua. 

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya restoran cepat saji tersebut menunjukkan minat terhadap teknologi pindah wajah. Tahun lalu, mereka sempat berkerja sama dengan Baidu untuk menciptakan “smart restaurants” dengan teknologi serupa, yaitu memindai wajah pelanggan dan membuat saran pesanan makanan berdasarkan mood, usia, dan jenis kelamin.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.