9 Jurusan Kuliah Langka dengan Prospek Gaji Luar Biasa

Oleh Sulung Lahitani pada 04 Sep 2017, 08:00 WIB
Diperbarui 06 Sep 2017, 07:13 WIB
9 Jurusan Kuliah Langka dengan Prospek Gaji Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Momen kelulusan bagi siswa SMA merupakan sebuah awal yang baru untuk menentukan masa depan masing-masing. Ada yang memilih untuk bekerja, berwirausaha dan ada pula yang memilih jalur akademik atau biasa disebut kuliah.

Saat ditanya mengenai rencana kuliah, sebagian besar calon mahasiswa baru cenderung bercita-cita memasuki jurusan yang favorit, seperti jurusan teknik, kedokteran, farmasi, hukum, ilmu politik, dan lain sebagainya. Padahal, selain persaingan yang sangat besar, jurusan yang difavoritkan tidak akan menjamin masa depan para calon mahasiswa tersebut.

1. Arkeologi

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia pada masa lalu melalui kajian sistematis atas data benda-benda yang ditinggalkan, seperti artefak dan prasasti. Dengan memilih jurusan ini anda berkesempatan direkrut oleh para ilmuwan arkeolog dari luar negeri untuk meneliti peradaban sebuah suku di sebuah bantaran sungai pada zaman dahulu.

Anda pun dapat bergabung dengan mereka untuk meneliti sejarah kehidupan dinosaurus, misteri UFO, manusia purba dan lain sebagainya. Sangat menarik untuk anda yang menggemari bertualang berkeliling dunia. Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran adalah beberapa kampus penyelenggara studi arkeologi di Indonesia.

2. Batra

Batra adalah jurusan yang berkaitan dengan pembuatan obat tradisional. Mungkin tidak banyak dari anda yang kenal jurusan ini, tapi peluang kerjanya di masa depan cukup menjanjikan. Anda akan belajar bagaimana menciptakan obat-obat herbal dan tradisional baru.

Pencipta obat itu gajinya juga cukup tinggi. Banyak royalty dari produsen yang bakal masuk ke rekening anda. Obat tradisional disini bukanlah klenik dan perdukunan yang mistis, melainkan obat-obatan herbal yang berasal dari alam dan jauh dari hal mistis. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan batra adalah Universitas Airlangga.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6