Sukses

Gadis Ini Lupa Melepas Lensa Kontak Selama 5 Bulan, Akibatnya...

Seorang perempuan mengalami kebutaan pada mata kanannya setelah menggunakan lensa kontak selama lima bulan.

Liputan6.com, Beijing - Banyak orang memilih lensa kontak sebagai alternatif pilihan untuk membantu penglihatan sekaligus mempercantik penampilan. Namun, tahukah kamu jika lensa kontak bisa mendatangkan malapetaka?

Seorang perempuan dari Wuhan, Tiongkok, baru-baru ini mengalami kerusakan permanen pada matanya setelah dia tidur dengan menggunakan lensa kontak selama lima bulan.

Perempuan bernama Chen itu awalnya mengunjungi dokter mata untuk membeli sepasang lensa kontak. Namun, setelah satu bulan pemakaian, dia malas melepasnya sehingga memutuskan untuk memakainya setiap saat hingga tidur.

Setelah lima bulan berlalu, perempuan berusia 21 tahun itu terbangun dari tidurnya dengan kondisi mata kanannya menjadi buta. Dia yang panik lalu bergegas mengunjungi rumah sakit.

Mata kanan Chen yang buta akibat penggunaan lensa kontak selama 5 bulan

Seperti diberitakan Worldofbuzz, Kamis (31/8/2017), dokter yang menanganinya menemukan lapisan tipis "zat" di permukaan bola mata Chen. Zat itu diidentifikasi sebagai lensa kontak. Kondisinya semakin buruk saat melihat bahwa lensa kontak telah menyatu dengan bola matanya, sehingga membuat korneanya kemerahan dan bengkak.

Selain itu, dokter juga menemukan lubang seukuran kacang hijau di pupilnya. Akibatnya, mata kanannya benar-benar buta karena lubang pada kornea kanannya itu.

Beruntungnya, mata kirinya masih bisa diselamatkan dengan menjalani perawatan antiradang selama dua minggu. Untuk mengembalikan penglihatan pada mata kanannya, Chen perlu melakukan transplantasi kornea.

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini