Sukses

Dikuasai Elang Botak Jadi Daya Tarik Wisatawan Kota Kecil Ini

Penduduk kota Unalaska harus berbagi tempat tinggal dengan ratusan Elang botak

Liputan6.com, Jakarta Elang botak merupakan burung nasional Amerika Serikat. Kamu merupakan orang yang beruntung apabila dapat melihat elang ini di tempat terbuka.

Namun lain halnya bila kamu tinggal di kota Unalaska, Alaska. Di kota ini, elang botak dapat kamu lihat seperti burung merpati di permukiman manusia lainnya. Kota Unalaska merupakan rumah bagi 4.700 orang yang harus berbagi dengan lebih dari 600 elang botak.

Hidup di lingkungan yang sama dengan mereka memungkinkan kamu diserang oleh ekor elang botak ini. Hal ini disebabkan elang botak sangat membenci bila manusia terlalu dekat dengan mereka, apalagi mendekati sarang mereka.

Elang botak biasanya bersarang di pohon, tapi karena di kota Unalaska tidak banyak pohon maka mereka membangun sarang di tebing-tebing pinggir kota. Pemerintah setempat pun sering memasang tanda peringatan sepanjang musim bersarang dari awal Juni hingga akhir musim panas untuk menghindari adanya korban.

Adanya elang botak di tengah kota kecil menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Melihat mereka bertengger di hampir semua pos lampu, mencari makanan di tong sampah, atau hanya terbang di atas dengan sayap yang terbentang sangat mengesankan bagi warga setempat juga bagi para pendatang.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.