Sukses

Cara Mudah Atasi Laptop yang Basah Kena Air

Korsleting pada komponen laptop bisa memicu kerusakan parah.

Liputan6.com, Jakarta - Selain smartphone, laptop adalah harta berharga milik generasi milenial. Tanpa laptop, hidup kamu pasti terasa hampa. Apalagi bagi mahasiswa tingkat akhir, laptop adalah segalanya.

Jadi barang elektronik, banyak komponen laptop yang tidak tahan air. Karena itu, sangat bahaya kalau laptop kamu terkena air. 

Korsleting pada komponen laptop bisa memicu kerusakan parah. Namun hal ini bisa dicegah jika kamu bisa segera mengeringkannya. Karena itu, lakukan langkah-langkah ini sesegera mungkin ketika laptop kamu terkena air.

1. Matikan Laptop

Untuk mencegah air yang masuk ke laptop berinteraksi dengan komponen di dalamnya dan menyebabkan korslet, segera matikan laptop kamu jika terkena air. Atau cabut baterai laptop kamu. Dengan begitu arus listrik yang berinteraksi dengan air di dalam laptop tidak akan memicu kerusakan komponen.

2. Keringkan Laptop

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke laptop, balik permukaan laptop kamu. Dengan bagitu air bisa merembes keluar dari dalam laptop lewat celah-celah yang ada di laptop. Tips mengeringkan ini bisa kamu coba jika laptop kamu tidak tersiram air kopi atau soda.

Jika bagian baterai dan tempat baterai laptop juga ikut terkena air, segera keringkan bagiannya menggunakan lap lembut. Bagian kutub positif dan negatif tempat baterai yang berwarna kuning sangat sensitif. Jadi keringkan dengan hati-hati, jangan sampai merusaknya. Diamkan laptop kurang lebih selama 10 jam untuk proses pengeringan.

Sumber: https://jalantikus.com/gadgets/tips-mengeringkan-laptop-kena-air/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.