Hamilton, Kota yang Miliki Air Terjun Terbanyak di Dunia

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada 21 Agu 2017, 11:00 WIB
Diperbarui 21 Agu 2017, 11:00 WIB
Air Terjun Tiffany di Kota Hamilton Kanada
Perbesar
Air Terjun Tiffany di Kota Hamilton Kanada (Cityofwaterfalls/Istimewa)

Liputan6.com, Kanada - Nama Kota Hamilton tak setenar lintasan sirkuit jet darat Formula 1. Namun, kota yang dihuni 536.917 jiwa ini menawarkan keindahan air terjunnya. Tak tanggung-tanggung, kota di Provinsi Ottawa, Kanada, ini memiliki lebih dari 100 air terjun.

Dilansir dari Cityofwaterfalls, Kota Hamilton memiliki 100 air terjun yang telah diberi nama. Diperkirakan, terdapat 150-an air terjun yang tersebar di berbagai kota seluas 1.138 kilometer persegi ini.

Dengan air terjun sebanyak ini, tak aneh bila situs ulasan wisata Amusing Planet menjuluki Hamilton sebagai ibu kota air terjun dunia. Diduga, kota ini miliki banyak air terjun karena dilewati aliran sungai yang membentuk air terjun terbesar di dunia Niagara.

Dari ratusan air terjun, cityofwaterfalls menyarankan wisatawan untuk mengunjungi Webster yang mengalir di ketinggian 41 meter. Sementara, rekor air terjun terpendek Little Davis Falls dengan ketinggian mencapai 3 meter saja.

Awalnya, penduduk Hamilton tak menyadari kota mereka dianugerahi pesona alam air terjun. Chris Ecklund, warga setempat, kemudian mendata air terjun di sana. Menyadari bahwa air terjun dapat menjadi atraksi wisata, Ecklun kemudian mendirikan organisasi City of Waterfalls.

Organsiasi City of Waterfalls kemudian mengelola situs cityofwaterfalls yang memopulerkan Hamilton sebagai ibu kota air terjun dunia.

Tertarik berkunjung ke sana?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya