Kenalkan Andrew Jones, Binaragawan yang Tak Miliki Denyut Nadi

Oleh Liputan6dotcom pada 01 Agu 2017, 15:30 WIB
Diperbarui 03 Agu 2017, 15:13 WIB
binaragawan

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengecek apakah manusia hidup, biasanya kita memegang urat nadi, leher, atau detak jantung. Namun, bagaimana jika ada orang yang hidup tanpa ada detak jantung?

Adalah Andrew Jones, seorang model fitness profesional yang mengalami kondisi langka tersebut. Ia hidup dengan hati buatan yang harus diisi dayanya sebelum ia beraktivitas, bahkan saat Jones sedang tidur.

Kejadian ini bermula saat Jones mengalami kardiomiopati, sebuah kelainan yang membuat lemah jantung pada tahun 2012. Kelainan tersebut membuat jantung Jones tidak bisa memompa darah dengan efisien. Selama proses penyembuhan, ia mengalami rasa sakit yang hebat, bahkan sempat putus asa. Apalagi, ia harus dirawat selama empat bulan di Intensive Care Unit (ICU).

Akhirnya, tubuhnya ditanami jantung buatan yang harus diisi dayanya sebelum ia beraktivitas. Bahkan, saat tidur, ia harus terhubung dengan alat itu. Namun, di balik rasa putus asanya, ia malah menemukan kekuatan baru untuk melakukan kegiatannya, yaitu olahraga di gym. Bahkan, berkat jantung buatan itu, kekuatannya pulih lebih cepat dari seharusnya.

Jones pun akhirnya bersyukur dan bangga memiliki jantung buatan. Ia sadar bahwa setiap luka yang ada di badannya memiliki cerita tersendiri. Ia bisa saja memilih untuk meratapi nasibnya, atau melakukan hal yang lebih baik bagi dirinya. Hasilnya, ia memilih pilihan kedua. 

(ul)

Penulis:

(Theofilus Ifan Sucipto)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Live Streaming

Powered by