Sukses

10 Skill yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Kerja di Google

Jika kamu berharap suatu saat ingin bekerja di Google, maka kamu harus pelajari keahlian-keahlian berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, gelar sarjana sering dianggap sebagai syarat mutlak sebagai modal untuk sukses. Seakan tanpa gelar akademis, kesempatan untuk bekerja di perusahaan ternama dan merintis karir yang menjanjikan tertutup rapat. Semua itu tidak sepenuhnya benar, bahkan Google yang merupakan salah satu perusahaan IT terbesar di dunia dan punya kantor keren di Jakarta justru tidak begitu mementingkan gelar sarjana.

Google memang hanya mempekerjakan 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun. Google jelas tidak sembarang menerima staff, harus memiliki skill yang handal, punya kreativitas yang tinggi, dan punya kemampuan di atas rata-rata. Tim HR Google telah merilis daftar keterampilan yang mereka ingin lihat dari seorang engineer atau insinyur.

Jika kamu berharap suatu saat ingin bekerja di Google, maka kamu harus pelajari keahlian-keahlian berikut ini. Tidak perlu semua, cukup beberapa saja namun kuasai secara mendalam.

1. Programming

Setiap karyawan Google harus bisa menulis kode program. Setidaknya satu bahasa pemrograman yang berorientasi object seperti C++, Java, dan Phython. Kamu bisa belajar dari CodePolitan, MIT OpenCourceWare, dan situs-situs belajar program online lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Algoritma & Struktur Data

Masih berkaitan dengan programming, pemahaman tentang algoritma dan struktur data adalah penting bagi Google. Pelajarilah dasar-dasar jenis data seperti stacks, queues, atau bags dan pahami algoritma pengurutan seperti quicksort, merge sort, atau heapsort.

3. Membuat Compiler

Compiler sendiri adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman. Perangkat lunak yang melakukan proses peterjemah kode (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Google memahami bahwa program yang ditulis untuk dimengerti oleh manusia secara sistematis tentunya di-translate atau diartikan untuk bahasa assembly tingkat rendah yang akhirnya dimengerti oleh mesin. Dengan memahami bagaimana membuat compiler tentu menjadi nilai tambah di mata Google.

4. Parallel Programming

Parallel Programming adalah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Keterampilan ini cukup disukai oleh Google. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.