Sukses

Gempar, Mumi Biksu Lapis Emas Usia 1000 Tahun Raib

Lebih dari 1.000 tahun yang lalu, biksu Qisan Zhang tak pernah menyangka kematiannya akan menyebabkan kekacauan.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 1.000 tahun yang lalu, biksu Qisan Zhang tak pernah menyangka kematiannya akan menyebabkan kekacauan. Terbungkus dalam balutan emas berbentuk Buddha yang sedang duduk dan tersenyum, tubuh mumi Zhang dipelihara dan dipuja selama beberapa dekade di sebuah kuil Tiongkok.

Namun kini, mumi tersebut menjadi perebutan karena sebuah desa di Tiongkok mengklaim mumi tersebut telah dicuri. Mereka meminta pemerintah mengajukan tawaran untuk menekan kolektor yang kini memiliki mumi tersebut, untuk mengembalikannya.

Penduduk desa itu mengklaim bahwa patung Buddha tersebut dicuri pada tahun 1995. Hingga kemudian baru-baru ini ditampilkan di Budapest atas permintaan pemiliknya, seorang kolektor barang antik bernama Oscar van Overeem.

Perselisihan akan Buddha emas yang diperkirakan bernilai miliaran rupiah tersebut, telah memengaruhi hubungan antara Tiongkok dan Belanda.

Zhanggong diyakini sebagai biksu dan penyembuh lokal yang hidup pada masa Dinasti Song (960-1279 M). Selama hidupnya, ia dipuja warga desa karena keahliannya mengobati penyakit.

Studi mengungkapkan Zhang meninggal pada usia 37 tahun dan membiarkan tubuhnya kelaparan sebagai bentuk mumifikasi diri. Kemudian, tubuh muminya dilapisi dengan emas sehingga ia menjadi patung Buddha emas yang disembah dari generasi ke generasi. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.