Sukses

Mirip Raja Ampat, Tempat Ini Jadi Spot Selfie Baru Warga Riau

Kemiripan dengan Raja Ampat membuat Ulu Kasok menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat Riau.

Liputan6.com, Jakarta Raja Ampat terkenal dengan keindahan laut dan pulau-pulau kecilnya. Hal itu membuat kawasan Raja Ampat menjadi tujuan wisata populer yang digemari banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Letaknya yang berada di ujung timur kawsan Indonesia, membuat ongkos wisata ke Raja Ampat relatif mahal. Banyak orang yang menikmati keindahannya hanya dari foto maupun video.

Namun ternyata, pesona keindahan Raja Ampat juga ada di wilayah lain, yakni di Ulu Kasok yang masuk wilayah Kabupaten Kampar, Riau.

Terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar, lokasi ini menawarkan pemandangan yang sekilas mirip dengan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Bahkan, wisatawan yang ke lokasi ini menyebutnya dengan Raja Ampat ala Kampar.

Lokasi tersebut terdiri dari beberapa pulau yang terletak di tengah bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang. Air yang mengelilingi pulau masih hijau dengan hutan yang masih lebat, sehingga memanjakan mata.

Tak mengherankan, bila lokasi dari ketinggian pulau ini menjadi objek buruan masyarakat yang ingin berswafoto atau selfie.

Dari Kota Pekanbaru, Riau, jarak tempuh ke Ulu Kasok sekitar satu setengah jam. Lalui saja jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang hingga jalan lintas Pekanbaru-Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasi ini hanya beberapa menit setelah pintu bendungan PLTA Koto Panjang.

Ulu Kasok menyajikan tiga objek wisata, di antaranya air terjun Ulu Kasok. Selanjutnya, wisata pulau dengan naik speedboat untuk berkeliling ataupun mengitari pulau, dan terakhir adalah Puncak Ulu Kasok.

Dari ketiga objek ini, puncak Ulu Kasok menjadi primadona dan paling diburu wisatawan. Lokasinya berada di tepi jalan lintas tadi. Hanya saja dibutuhkan ekstra tenaga karena pengunjung harus berjalan kaki dan mendaki lebih dari 500 meter untuk sampai ke puncak.

Jangan khawatir, sekalipun meneteskan keringat cukup banyak, sesampai di puncak akan disuguhi pemandangan indah seolah sedang melihat Raja Ampat, Papua Barat. Di atas juga sudah banyak penjual minuman serta disediakan lokasi foto dan tempat duduk menikmati keindahan alam.

Tak perlu biaya mahal untuk memasuki Puncak Ulu Kasok. Hanya perlu membayar parkir motor Rp 10 ribu. Bagi pelancong yang ingin menyewa pondok-pondok yang sudah dilengkapi tikar, tidak perlu merogoh kocek berlebih.

Buat mengelilingi pulau, pengunjung harus memutar lebih dahulu. Hanya saja, pesona Ulu Kasok masih butuh perhatian lebih pemerintah setempat. Terlebih, objek wisata yang mirip Raja Ampat ini baru sampai ke telinga publik sekitar tiga bulan terakhir. 

Jadi penasaran ya ingin ke sana. *

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.