Sukses

Asyik Piknik, Bocah Ini Malah Temukan Fosil Dinosaurus

Saat sedang piknik dan bermain dengan keluarganya, seorang bocah secara tak sengaja temukan fosil dinosaurus

Liputan6.com, New Meksiko - Di satu gurun kering di New Meksiko, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun tersandung dan terjatuh. Saat melihat ke sekeliling, bocah bernama Jude Sparks tersebut sadar telah menemukan sesuatu yang luar biasa.

"Aku sedang berlari kencang dan saya tersandung di bagian gading," kata bocah itu.

"Wajahku mendarat di sebelah rahang bawah. Aku melihat ke atas dan ada gading lagi."

Kala itu, Jude sedang piknik dengan keluarganya. Jude memanggil abangnya yang awalnya mengira itu kerangka sapi. Setelah menghubungi Profesor Peter Houde di New Mexico State University, mereka menemukan seluruh tengkorak dan penggalian lebih jauh di situs tersebut mengungkapkan fosil-fosil lainnya yang tersembunyi.

Melansir dari Iflscience, butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan izin melakukan penggalian dan menemukan keseluruhan fosil. Diperkirakan, fosil tersebut merupakan stegomastodon yang beratnya sekitar satu ton dan sangat rapuh.

"Ketika batuan sedimen yang menempel disingkirkan, mereka mulai hancur berantakan. Kami harus memakai bahan kimia untuk memperkuatnya," terang Peter.

Meski penemuan di Nex Meksiko merupakan peristiwa yang langka, itu bukanlah yang pertama kali. Pada tahun 2014, fosil dinosaurus tersebut juga pernah ditemukan yang kemudian dipamerkan di museum setempat. Meski begitu, hanya beberapa ratus fosil stegomastodon yang pernah ditemukan di seluruh dunia dan tak ada yang tahu mengapa mereka sangat langka.

"Mereka masih sangat jarang. Ini mungkin tengkorak lengkap kedua yang ditemukan di New Meksiko," tutup Peter.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.