Sukses

Penampakan Emoji Senyum Tertua di Dunia, Usianya 3.700 Tahun

Sebuah lukisan wajah tersenyum, ditemukan pada teko keramik berusia 3.700 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Arkeolog telah menemukan apa yang mungkin merupakan emoji tertua di dunia. Sebuah lukisan wajah tersenyum ditemukan pada teko keramik berusia 3.700 tahun.

Teko keramik itu ditemukan dalam penggalian di dekat perbatasan Turki dengan Suriah. Tepatnya di sebuah situs pemakaman di bawah sebuah rumah di Karkemish.

"Teko itu berasal dari sekitar tahun 1.700 SM. Sepertinya mereka menggunakan teko tersebut untuk minuman manis seperti serbat," ujar Nikolo Marchetti dari Universitas Bologna, Italia, seperti dikutip dari Live Science.

Selain teko, para arkeolog juga menemukan vas, pot, dan barang logam lainnya. Nama Karkemish dapat diterjemahkan menjadi Dewa Kamis, dewa yang populer di Suriah utara.

Kota ini ditinggalkan pada akhir Abad Pertengahan. Sebelumnya, Karmekish dihuni oleh berbagai orang dari budaya berbeda, termasuk orang Het, Neo Asiria, dan Romawi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.