Sukses

Arkeolog Temukan Kerangka Raksasa Berusia 5.000 Tahun

Arkeolog di Tiongkok telah menemukan makam purbakala kuno berusia 5.000 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Arkeolog di Tiongkok telah menemukan makam purbakala kuno berusia 5.000 tahun. Yang mengejutkan, di dalamnya terdapat kerangka pria setinggi lebih dari dua meter.

Pada masa itu, tinggi demikian termasuk kategori raksasa. Makam purbakala tersebut ditemukan di Desa Jiaojia, dekat dengan Jinan.

Melansir dari Peoples' Daily Online, peninggalan tersebut berasal dari peradaban Neolitik akhir yang terletak di dekat bagian hilir Sungai Kuning. Arkeolog mulai menggali pada tahun 2016, dan sejauh ini, telah menemukan 104 reruntuhan rumah, 205 kuburan, dan 20 lubang pengorbanan.

"Selain pertanian, orang-orang pada masa itu memiliki sumber makanan yang beragam dan kaya gizi sehingga fisik mereka berubah," ujar Fang Hui, kepala fakultas budaya dan sejarah Universitas Shandong.

Diperkirakan bahwa pria bertubuh tinggi memiliki status sosial yang tinggi. Tingginya tubuh dianggap kelebihan di antara masyarakat pada 5.000 tahun yang lalu.

Arkeolog juga menemukan kerusakan pada kepala dan tulang tungkai dari beberapa badan yang diduga karena perebutan kekuasaan di antara orang-orang berpangkat tinggi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.