7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

Oleh Yulia Lisnawati pada 17 Jun 2017, 17:40 WIB
Diperbarui 17 Jun 2017, 17:40 WIB
7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran
Perbesar
Ilustrasi copet (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Modus kejahatan saat mudik Lebaran memang makin meningkat saja, bahkan korban sampai kehilangan nyawanya. Masih lekat di benak kita beberapa modus kejahatan saat mudik Lebaran terjadi karena memang kurang waspada.

Agar bisa pulang mudik dengan selamat, yuk, pahami dulu tips hindari modus kejahatan saat mudik Lebaran berikut ini:

1. Jangan terlihat seperti orang linglung

Seperti bermain psikologi, jangan terlihat kebingungan atau linglung, karena kamu akan menjadi target empuk penjahat yang siap mengincar korbannya dengan sorot mata yang tajam.

2. Jangan berangkat sendirian

Mudik sendirian biasanya dilakoni para jomblo dan mahasiswa yang pulang liburan dari kampus. Nah, agar tidak terlihat sendirian mending pulang bareng dengan teman kampus yang satu arah atau satu daerah.

Kadang-kadang, jika sudah kebiasaan pulang bareng, bisa juga lho carter satu gerbong kereta atau bus untuk mudik bersama. Siapa tahu ada waktu buat mudik pakai pesawat berdua.

3. Pastikan ada keluarga yang menjemput

Kalau belum terlalu familiar dengan lokasi penjemputan, lebih baik minta saudara atau sanak famili untuk menjemput di lokasi, agar tidak ada orang yang mencoba melakukan tindak kejahatan.

4. Hindari menggunakan perhiasan berlebihan

Jangan pernah memberikan kesempatan sedikitpun pada orang lain untuk berbuat jahat. Setiap ada kesempatan sedikitpun kadang bisa memicu tindak kejahatan. Jadi, sebaiknya kurangi perhiasan yang mencolok. Lagipula tampil secara natural dengan aksesoris minimalis pun tetap kece kok!

5. Gunakan smartphone seperlunya saja

Buat para gadget mania, saatnya waspada dengan orang-orang yang memperhatikan kamu saat bermedia sosial. Lebih baik hindari gunakan smartphone terlalu sering di tempat umum yang belum kamu kenali. Smartphone termasuk barang elektronik yang mudah dijual sehingga menjadi salah satu target kejahatan yang paling mudah.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya