Sukses

Mahasiswa UB Temukan Antioksidan Alami di Daun Cengkeh

Antioksidan alami yang diberi nama CLE – FOX ini memanfaatkan kandungan eugenol yang banyak ditemukan pada daun cengkeh

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi minyak goreng sawit di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tentu banyak dari kita yang mengetahui bahwa terdapat bahan tambahan (antioksidan) sintetik pada hampir seluruh minyak goreng komersil yang dijual di pasaran.

Namun, banyak dari kita tidak mengetahui efek samping dari antioksidan sintetik jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu antioksidan sintetik yang ditambahkan pada minyak goreng adalah BHT (Butilated Hidroxy Toluena). Jika dikonsumsi secara berlebihan BHT dapat meningkatakan risiko pembesaran hati, tumor dan gangguan kesehatan lainnya.

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang terdiri dari Fidyah Afiyata (THP/2014), Nestya Hariyoko (THP 2014), Zahwa Aisah (THP/2014), Rezita Anggi H.A (THP/2014) dan Sarah Devi Silvian (THP/2015) melakukan penelitian antioksidan alami dari daun cengkeh.

Antioksidan alami yang diberi nama CLE – FOX ini memanfaatkan kandungan eugenol yang banyak ditemukan pada daun cengkeh kandungan eugenol dari minyak daun cengkeh dapat mencapai 70-80%.

Melimpahnya daun cengkeh di Kabupaten Malang menjadikan 5 Mahasiswa ini memilih daun cengkeh sebagai objek penelitian. Analisa yang dilakukan meliputi uji Bilangan peroksida, Asam Lemak Bebas, Bilangan TBA, pH, uji stabilitas penyimpanan, aplikasi bidang pangan, dan aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan IC50.

Hasilnya, antioksidan minyak daun cengkeh ini mampu menyamai aktivitas antioksidan sintesis seperti BHT yang banyak digunakan industri pengolahan minyak goreng.

“Perlu adanya peningkatan nilai guna daun cengkeh melihat potensi kandungan senyawanya dan setelah dilakukan pengujian, ternyata antioksidan dari daun cengkeh lebih efektif menghambat kerusakan minyak goreng dibandingkan antioksidan sintetik BHT”, kata Fidyah.

Mereka berharap antioksidan alami ini dapat meningkatkan kualitas minyak goreng Indonesia dan meningkatkan nilai guna daun cengkeh.

“Pada era yang serba instan ini kita harus meningkatkan kesadaran untuk berpaling dari bahan sintesik menuju bahan yang berasal dari alam, contohnya penggunaan antioksidan” kata Nestya salah satu peneliti antioksidan dari daun cengkeh.

“Kedepannya kami berharap, ada pelaku industri yang tertarik bekerja sama dengan kami untuk mengembangkan antioksidan alami dari minyak daun cengkeh” tutup Sarah.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini