Masalah-Masalah Kesehatan Akibat Ketidakseimbangan Hormonal

Oleh Azwar Anas pada 29 Mei 2017, 07:01 WIB
Diperbarui 29 Mei 2017, 07:01 WIB
Masalah Kesehatan di Balik Kesemutan
Perbesar
Masalah Kesehatan di Balik Kesemutan

Liputan6.com, Jakarta Hormon memiliki peran sangat penting dalam mengatur banyak fungsi dalam tubuh. Oleh sebab itu, masalah ketidakseimbangan hormonal, meski dalam intensitas yang kecil, tetap dapat memengaruhi fungsi tubuh tertentu. Kita tentu tahu bahwa stres merupakan gangguan yang disebabkan oleh hormon yang dikenal dengan nama kortisol. Saat hormon ini dilepaskan, maka seseorang akan cenderung merasa stres, frustasi, dan cemas yang tidak menentu. Perubahan mood yang secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Tubuh terdiri dari berbagai kelenjar yang menghasilkan hormon berbeda-beda, yang berguna untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh secara semestinya. Bila terjadi ketidakseimbangan dari salah satu hormon tersebut, fungsi tubuh yang terkait dengan hormon ini akan terganggu atau mengalami masalah. Mulai dari keinginan untuk terus makan yang sulit dikontrol sampai susah tidur, berikut tanda-tanda dan cara mengetahui jika Anda mengalami masalah ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh.

1. Suasana hati

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan kegelisahan, mood atau suasana hati yang sering berubah-ubah, dan depresi. Pada wanita, biasanya mereka mengalami emosi tersebut sebelum menstruasi dan juga pada saat menopause. Hal ini disebabkan karena rendahnya kadar estrogen dalam tubuh.

Selengkapnya

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6