Alami Tanda-Tanda Ini di Wajah, Pertanda Masalah Kesehatan Serius

Oleh Sulung Lahitani pada 16 Mei 2017, 15:37 WIB
Diperbarui 16 Mei 2017, 15:37 WIB
Alami Tanda-Tanda Ini di Wajah, Pertanda Masalah Kesehatan Serius
Perbesar
Alami Tanda-Tanda Ini di Wajah, Pertanda Masalah Kesehatan Serius

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan modern tidak selalu berjalan beriringan dengan kesehatan. Faktor stres, kurang tidur, uang, keluarga, diet, polusi, dan lainnya, membuat kita kekurangan vitamin dan nutrisi penting. Untungnya, tubuh kita sangat pintar untuk memberi tahu pertanda bahwa kita kekurangan vitamin.

Melansir dari Mammamia, ada beberapa gejala masalah kesehatan serius yang dapat terlihat di wajah Anda. Ini dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang dapat berdampak serius pada kesehatan mental, kesehatan tulang, dan kesuburan.

1. Ruam di wajah terus-menerus

Ruam di pipi dan dermatitis di wajah yang terus-terusan merupakan pertanda kekurangan vitamin B12. Hal yang sama berlaku jika Anda mengalami retak-retak di sudut mulut.

Selain itu, jika Anda mengalami sensitivitas terhadap cahaya, anemia, pembengkakan dan nyeri tenggorokan, serta lidah bengkak maka ini juga bisa dikaitkan dengan kekurangan B12. Untuk mengobati gejala ini, cobalah lebih banyak makan jamur, bayam, domba, kacang almond, tomat kering, kalkun, asparagus, dan yoghurt.

2. Mata bengkak

Bila Anda merasa lelah hampir sepanjang waktu dan mata terlihat bengkak, sudah pasti karena Anda kurang tidur. Namun, mata bengkak juga merupakan gejala kekurangan yodium.

Parahnya, bila tubuh dibiarkan kekurangan yodium secara terus-menerus, kerusakan otak bisa terjadi. Untuk mengatasinya, Anda harus lebih banyak mengonsumsi ikan, kerang, roti, keju, telur, sushi, dan susu.

2 dari 2 halaman

Bibir pucat

3. Bibir pucat

Kekurangan zat besi adalah masalah yang meluas, terutama bagi wanita menstruasi. Gejala lain yang mesti diperhatikan adalah kelelahan dan sesak napas. Anda mungkin juga menemukan lidah Anda bengkak.

Kekurangan zat besi dapat diatasi dengan menambah konsumsi daging merah, hati, ikan, kacang polong, dan sayuran hijau dalam makanan Anda.

4. Rambut kering

Bahkan kekurangan vitamin C ringan pun dapat berdampak pada masalah kesehatan lainnya seperti rambut dan kulit kering, gusi berdarah, bahkan memar di tubuh.

Gejala lain dari kekurangan vitamin C yakni kelelahan, perubahan mood, dan penurunan berat badan. Perbanyaklah mengonsumsi jeruk, kangkung, brokoli, stroberi, jeruk bali, cabai, dan buah kiwi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Lanjutkan Membaca ↓