Sukses

Ini Asal Muasal Mangkuk Ayam Jago yang Melegenda

Mangkuk ini memang melegenda. Anda dapat menemukannya di mana-mana.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pencinta kuliner Indonesia, terlebih yang suka makan bakso atau mi ayam, pasti tidak asing dengan mangkok ayam jago. Ya, mangkok berwarna putih dengan gambar ayam jago berjengger merah serta bunga di sampingnya ini memang melegenda.

Hampir di seluruh Tanah Air, kita dapat menemukan mangkok ini, sehingga banyak yang mengira kalau mangkuk ini buatan Indonesia. Padahal kalau diperhatikan baik-baik, di bagian bawah mangkuk tersebut terdapat tulisan "Made in China."

Faktanya mangkuk tersebut memang lebih dahulu dipakai oleh bangsa Tiongkok kuno, tepatnya pada Dinasti Ming. Mangkuk tersebut bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia semua berkat pedagang Tiongkok yang membawanya sewaktu melakukan perjalanan perdagangan.

Simbol ayam jago dan bunga pun telah dikenal sejak masa tersebut. Dalam filosofi Tiongkok kuno, ayam jago melambangkan kelancaran rezeki dan kemakmuran. Diharapkan, dengan menggunakan mangkuk tersebut, dagangan pedagang akan laris manis.

Uniknya, kini lambang ayam jago tersebut tak hanya ditemukan pada mangkuk saja. Kepopulerannya membuat orang mengkreasikannya pada topi, mug, kaus, tote bag, bahkan jaket.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.